Jakarta (ANTARA) - Toyota Indonesia memberikan 76.500 dosis vaksin gratis kepada masyarakat umum guna mendukung upaya pemerintah dalam memutus penyebaran COVID-19 dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity).

Program vaksinasi Toyota ditujukan kepada masyarakat di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat yang merupakan wilayah aktivitas industri Toyota. Vaksinasi diadakan berkolaborasi bersama Polres Metro Jakarta Utara, Pemkab Karawang, Kodim Karawang, Polres Karawang, dan APINDO Karawang, Jawa Barat.

Pada tahap pertama, vaksinasi massal diberikan kepada warga Sunter di RPTRA Sunter Jaya, Sunter, pada Kamis ini. Vaksinasi berskala nasional secara bertahap juga dilakukan guna membantu penanggulangan pandemi COVID-19. Sebanyak 50.000 dosis vaksin akan diberikan secara gratis bagi masyarakat Indonesia melalui kerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia.

"Sebagai bagian dari industri otomotif yang ingin terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, kami ingin mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menurunkan dan menghindari penyebaran virus COVID-19 di lingkungan industri agar ekonomi nasional segera kembali pulih," kata Bob Azam – Direktur Corporate Affairs Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam siaran pers, Kamis.

"Selain terus menerus menjalankan protokol kesehatan yang ketat serta program vaksinasi di lingkungan kerja, kami memperluas vaksinasi di lingkup keluarga dan masyarakat yang memegang peran penting dalam menekan penyebaran COVID-19," kata dia.

Bob Azam menambahkan, “Tentunya program ini tidak dapat kami laksanakan tanpa dukungan pemerintah dan berbagai elemen masyarakat. Kami berharap kerjasama positif ini akan berkontribusi dalam mencapai target Pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 nasional yang pada akhirnya dapat berdampak bagi pemulihan Indonesia.”

Finance and Logistic Director PT Toyota-Astra Motor, Nini Tjandrasa, menyebutkan bahwa sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Toyota Indonesia turut serta bersama dengan pemerintah dalam penanganan COVID-19 sejak awal pandemi berlangsung, baik melalui kegiatan preventif maupun penanganan COVID-19 yang berkembang dinamis di masyarakat.

Baca juga: Toyota Indonesia mulai vaksinasi karyawan dan keluarga

Baca juga: Komunitas Toyota Sienta bantu disinfektan angkutan umum

“Kali ini, sebagai kelanjutan dari aksi cepat tanggap Toyota Indonesia adalah melalui percepatan dan perluasan vaksinasi untuk internal dan masyarakat umum. Kami berharap, kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksin secara cepat dan mudah, dan kita bersama-sama dapat melakukan percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia,” ujar Nini.

"Untuk cakupan vaksinasi yang lebih besar dan luas, kami menyelenggarakan sentra vaksinasi untuk 50.000 dosis vaksi melalui kerjasama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia, sehingga diharapkan bisa membantu percepatan vaksinasi secara nasional juga,” tambahnya.

Salah seorang warga Sunter penerima vaksin, Elsyah, mengakui sangat senang bisa menerima vaksin gratis. “Semoga dengan kegiatan ini dapat mengurangi penyebaran COVID-19 di daerah tempat tinggal kami. Terima kasih kepada Toyota Indonesia dan Polres Jakarta Utara yang telah mengadakan vaksin gratis ini” kata Elsyah.

Hal senada diungkapkan Rizal, warga Sunter lainnya yang bersama keluarganya baru mendapatkan vaksin dosis pertama melalui program vaksinasi gratis Toyota Indonesia. “Senantiasa taat terhadap prokes COVID-19 dan sudah vaksin itulah upaya kita untuk mencegah agar tidak terpapar pandemi ini,” kata Rizal.

Ambulans dan APD

Sejak pandemi melanda tahun lalu hingga saat ini, Toyota membantu percepatan penanganan pandemi melalui donasi Kijang Innova ambulance sebanyak 17 unit dan lebih dari 150.000 APD kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Kementerian Kesehatan, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Karawang, Pemkab dan Pemkot Bekasi, Pesantren, dan warga sekitar.

Toyota juga bekerja sama dengan akademisi, seperti Universitas Indonesia dan Balai Latihan Kerja (BLK) seperti Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta, selain dengan beberapa supply chain, dalam pengembangan berbagai alat pelindung diri (APD) seperti face mask, flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield

Hal lainnya adalah turut menyalurkan donasi cepat tanggap Rp1,55 miliar untuk membantu penanganan pasien COVID-19 di 6 rumah sakit yang tersebar di 4 provinsi, meliputi 300 tabung oksigen beserta isinya (1.800 m3), portable bed, Oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan, dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imunitas tubuh.

Sebagai inisiatif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan COVID-19 dan tindakan pencegahannya, Toyota juga menyelenggarakan Program Kampung Siaga COVID-19 (KSC) sejak September 2020, Hingga saat ini telah berdiri 100 Kampung Siaga COVID-19 (KSC) yang tersebar di wilayah Karawang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 resmi meluncur

Baca juga: Suzuki dan Daihatsu jalin kerja sama dengan aliansi EV Toyota

Baca juga: Bantu pemerintah tangani COVID, Toyota Indonesia donasi Rp1,55 miliar
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021