Jakarta (ANTARA News) - Produsen dan pemasar sepeda motor PT Astra Honda Motor (AHM) mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyelenggara kontes modifikasi dengan jumlah motor terbanyak, yaitu 1.000 unit sepanjang 2010.

Penghargaan ini diterima AHM di sela final "Honda Otocontest 2010" yang berbarengan dengan penyelenggaraan seri final Honda Racing Championship (HRC 2010) di Kenjeran Park, Surabaya, belum lama ini.

"Modifikasi merupakan sarana untuk menyalurkan minat dan hobi anak muda yang ingin memiliki sepeda motor sesuai dengan gaya dan kepribadian mereka," ujar General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra di Jakarta, Rabu.

Seiring dengan itu, Indra menerangkan, AHM memberikan sarana bagi para pecinta modifikasi untuk saling melombakan karya mereka melalui kegiatan kontes yang sudah berlangsung rutin dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini.

"Kontes modifikasi ini merupakan bentuk implementasi dari filosofi tagline "One Heart" di mana salah satu unsur pentingnya adalah "MyStyle". Kami berusaha agar dapat selalu satu hati dengan konsumen, termasuk dengan anak muda atau mereka yang mengeskpresikan gaya hidup melalui modifikasi motor," ujarnya.

Menurut Indra, AHM telah menyelenggarakan 10 kali kontes modifikasi dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Kegiatan ini dimulai sejak Februari lalu di sepuluh kota, yaitu Surabaya, Palembang, Jember, Kediri, Denpasar, Ponorogo, Malang, Bandung, Yogyakarta, dan Banjarmasin.

Ajang kompetisi modifikasi yang digelar AHM tahun ini memiliki 11 kategori lomba yaitu IBE, Pemula, Extreme, Aksesoris, Racing Look, Matik Funky, Bebek Funky, Sport Funky, Sport Custom, Bebek Custom, Matik Custom.

Pada acara final kontes modifikasi di Surabaya, AHM menggabungkan 11 kategori tersebut dalam tiga kelas yaitu fashion bike, extreme, dan nonextreme. Pemenang setiap kategori akan dikirim ke Bangkok untuk mengikuti lomba modifikasi motor tingkat internasional.

"Kami juga ingin tren modifikasi di Indonesia dapat menjadi inspirasi pecinta modifikasi di tingkat internasional," ujar dia.

Sebelumnya, AHM menggondol rekor MURI untuk kategori pabrikan motor dengan jumlah produksi dan distribusi tertinggi.
(ANT258*R016/A011)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010