Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memberikan dukungan kepada modifikator tanah air untuk bisa berkarya dalam membangun ekosistem modifikasi di tanah air dan bisa membawa karya terbaik pada ajang National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) pada 4-6 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya, Rabu menyampaikan bahwa maraknya industri modifikasi di tanah air ini memberikan dampak yang positif di berbagai arah. Salah-satunya adalah berkembangnya industri komponen kendaraan aftermarket di dalam negeri, terutama yang berskala industri kecil dan menengah (IKM), bahkan membuka peluang bagi pengembangan bengkel konversi kendaraan listrik.

“Saya berharap semangat dan mimpi para modifikator di Indonesia turut berperan menjadi motor dalam mewujudkan visi kita dalam mengakselerasi pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air," kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: Menperin sebut industri modifikasi otomotif dukung perkembangan IKM

Untuk bisa mencapai hal tersebut, Agus Gumiwang menambahkan bahwa harus ada upaya untuk mau berkolaborasi antara kreativitas dengan inovasi serta keragaman budaya bangsa Indonesia untuk menghasilkan karya-karya modifikasi yang mampu bersaing di ajang internasional.

Dalam hal ini, langkah yang sudah dijalankan oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang secara konsisten aktif mengembangkan industri otomotif berbasis modifikasi dengan menyelenggarakan pameran di tanah air maupun berpartisipasi di ajang tingkat internasional, menurut dia perlu diapresiasi dan juga didukung berbagai pihak.

"Kami juga bangga kepada pelaku industri modifikasi atau modifikator atas dedikasi dan kontribusinya yang menjadikan dunia modifikasi begitu menarik dan berkembang dengan pesat," jelas dia.

“Saya melihat betul kreativitas dan semangat yang tinggi anak bangsa dalam menciptakan karya maupun produk inovatif yang luar biasa di bidang otomotif dalam pameran tersebut. Saya juga sangat menantikan IMX tahun ini, dapat kembali memberikan surprise bagi saya dengan produk-produk inovatif dan modifikasi yang jauh lebih hebat,” tambah dia.

Baca juga: Wuling pamerkan Air EV yang dimodifikasi bersama NMAA

Founder NMAA Andre Mulyadi menyatakan, IMX akan memasuki babak baru dalam sejarahnya dengan membawa serie pertamanya di Osaka Auto Messe. Serie pertama akan dibuka dengan mengusung tema “Saber Great of Indonesia”. Kegiatan ini menjadi ajang pemanasan jelang event besar IMX 2024 “Road to The World” yang akan digelar pada 4-6 Oktober di ICE, BSD.

"Kami secara simultan terus mendorong industri otomotif khususnya modifikasi nasional. Serie pertama IMX 2024 di Osaka Auto Messe nanti diharapkan tidak hanya mendorong produk-produk terbaik lokal semakin maju, tetapi bisa mendorong berbagai produk-produk lokal modifikasi baru hadir dan terinspirasi dengan gerakan kreatif yang dibawa Saber Great of Indonesia ini," ucap Andre.​​​​​​​

NMAA akan membawa puluhan produk berkualitas untuk diperkenalkan ke dunia internasional melalui Osaka Auto Messe. Produk-produk tersebut di antaranya WetShine Car Care untuk perawatan otomotif berupa spray wax.

Berikutnya adalah Turbo Bastard Wheel, produk velg lokal milik Gofar Hilman ini juga akan berkolaborasi dengan Free Flow untuk menghadirkan edisi eksklusif dan terbatas di Osaka nanti.

Baca juga: DNZ Wheels debut di West Coast Customs lewat modifikasi Honda Civic EF
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024