Jakarta (ANTARA News) - Jakarta Motorcycle Show 2010 (JMCS) resmi dibuka di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu.

Wakil Menteri Perindustrian, Alex Retraubun, meresmikan pembukaan pameran sepeda motor itu didampingi oleh Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata.

Retraubun dalam sambutannya sebelum meresmikan pameran itu mengatakanpagelaran itu merupakan langkah nyata dunia usaha untuk meningkatkan promosi dan dan penyebaran informasi tentang kemampuan industri dalam negeri.

"Industri sepeda motor dalam negeri berperan penting meningkatkan pendapatan negara baik melalui pajak maupun penyerapan tenaga kerja," katanya.

Ia pun menguraiakan bahwa industri sepeda motor memang telah menyumbang besar dalam pendapatan negara melalui pajak seperti bea masuk, pajak penjualan atas barang mewah, pajak pertambahan nilai, pajak kendaraan bermotor, dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Dari segi penyerapan tenaga kerja sendiri industri sepeda motor telah membuka lapangan kerja bagi 1.653.600 tenaga perakitan sepeda motor, komponen, dan bengkel serta outlet terkait.

Selain itu industri sepeda motor telah mencapai nilai Tingkat Komponen dalan negeri sekitar 95 persen untuk kendaraan roda dua tipe 'underbone' atau bebek. Artinya hampir semua komponen motor bebek telah bisa diproduksi di dalam negeri.
(Ber/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010