Jakarta (ANTARA News)- Pertamina meluncurkan Pertamina Enduro Gear, oli sintetik terbaru yang khsusus dirancang untuk sepeda motor jenis skuter matik alias skutik pada ajang Jakarta Motorcycle Show di Jakarta Convention Center, Sabtu.

Dalam siaran persnya Pertamina mengatakan bahwa peluncuran pelumas baru itu ditujukan untuk menjawab meningkatnya permintaan terhadap pelumas khusus sepeda motor matik. Pangsa pasar skutik di Indonesia sendiri menurut data Pertamina telah mencapai 37,7 persen sampai pada 2009 dibandingkan tahun 2005 yang hanya 0,22 persen.

"Pertamina Enduro Gear dilengkapi dnegan aditif 'Exterem Preassure' yang berguna untuk menjaga kestabilan kekentalan oli dalam suhu panas. Oli ini bahkan telah menggunakan base oil fuel group III, material berkualitas tertinggi di kelasnya," papar Pertamina.

Selain itu desain kemasan yang ergonomis dan modern dengan volume 120 mililiter membuat oli itu mudah dituangkan.

Sederhananya Pertamina Enduro Gear akan memperlama pemakaian skutik karena oli baru itu bisa melindungi gear dari kondisi ekstrem terutama ketika menghadapi kondisis lalu lintas yang macet atau sedang dalam kecepatan tinggi.

Kemampuan memberikan daya tahan terhadap sepeda motor matik itu telah terbukti pada uji coba "Fastron Enduro Touring For Nation'. Pada uji coba itu skutik beroli Pertamina Enduro Gear berhasil menempuh jarak 5.300 kilo meter dengan rute perjalanan Medan - Jakarta - Bali - Jakarta.

Menurut rilis Pertamina oli Pertamina Enduro Matic kini telah bisa didapatkan di bengkel-bengkel di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

(Ber/S026)
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010