Jakarta (ANTARA News)- Honda akan menampilkan versi hibrida dari Honda Jazz atau Fit di ajan Paris Motor Show serta mulai memasarkannya di Eropa pada awal tahun depan.

Mobil yang disebut Jazz di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan disebut Fit di Amerika Utara, Amerika Selatan, China, dan Jepang itu akan menjadi kendaraan hibirda paling kecil di dunia, demikian sesumbar Honda seperti yang dikutip Autonews.com.

Kendaraan anyar itu memiliki mesin yang sama dengan Honda Insight hibrida, lengkap dengan mesin berkapasitas 1,3 liter yang dikombinasikan dengan teknologi CTV, dan motor listrik terletak diantara keduanya untuk menciptakan sistem hibrida paralel.

Jazz hibrida, sama seperti Insight dan Civic hibrida, bisa digerakan dengan motor listriknya saja dalam kecepatan pelan dan sedang.

Meski lebih tinggi dari Honda Insight, Jazz mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar dan produksi CO2 yang sebanding. Honda juga akan merilis data penggunaan bahan bakar dan gas emisi di Paris Motor Show.

Jazz hibrida juga memiliki beberapa fitu yang membedakannya dari jenis konvensional seperti tampilan lampu depan baru, lampu belakang bening, 'front grille' baru, bumper anyar, dan 'tailgate' krom.

Desain interiornya pun sedikit berbeda dengan 'dashboard' yang lebih gelap. Beberapa Jazz hibrida juga dilengkapi dengan kulit yang lebih apik, fitur yang untuk pertama kalinya dimiliki Honda Jazz di Eropa.

Sementara itu para pemimpin Honda mengatakan belum berencana menjual Jazz hibrida di Amerika Serikat (AS) karena segmen hibrida di AS telah diisi oleh Insight. (Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010