Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) menyediakan 10 truk pengangkut layanan mudik untuk mengangkut sepeda motor antara lain dengan tujuan agar mengurangi jumlah angka kecelakaan pemudik yang memakai kendaraan sepeda motor.

"Perusahaan akan memberangkatakan tujuh truk yang diperkirakan akan mengangkut sekitar 350 unit sepeda motor," kata Kepala Divisi Honda Customer Care Center (HC3) AHM, Istiyani Susriyati, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Selain tujuh truk tersebut, ujar Istiyani, terdapat pula tiga truk untuk mengangkut barang pemudik yang berlebihan.

Sementara para pemilik sepeda motor akan mudik dengan menggunakan 14 bus yang disediakan oleh pihak AHM.

AHM akan memfasilitasi para pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan menetapkan empat rute mudik, yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta, Surabaya-Yogyakarta, dan Semarang-Yogyakarta.

Sedangkan total peserta dari kegiatan Mudik Bareng Honda (MBH) tahun 2010 ini diharapkan bisa mencapai sebanyak 2.500 sepeda motor.

Untuk pemudik dengan sepeda motor, ia memaparkan bahwa MBH tahun ini hanya untuk pengendara dewasa maksimal dua orang.

Bila ada yang membawa anak, maka pihak AHM akan mengarahkannya agar naik ke dalam bus yang telah disediakan oleh pihak perusahaan.

"Semua fasilitas ini kami berikan secara gratis. Kami berharap pemudik dapat melakukan perjalanan dengan tertib, aman, dan nyaman sehingga lalu lintas arus mudik tidak terganggu dan tetap lancar," kata Iatiyani.

Ia juga mengemukakan, dalam program tahun 2010 ini, AHM juga akan menyelenggarakan Balik Bareng Honda untuk arus balik dengan rute Semarang-Jakarta.

Dalam kegiatan balik bareng tersebut, AHM menyiapkan satu truk dan dua bus untuk mengangkut pemudik dan sepeda motornya kembali ke ibukota.

"Berdasarkan data, tingkat kecelakaan pengguna sepeda motor lebih banyak terjadi saat arus balik. Karena itu kami memutuskan mengadakan mudik bareng untuk arus balik demi keamanan konsumen," katanya.

Senada dengan Istiyani, Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan, penyelenggaraan kegiatan mudik bareng ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial Honda untuk ikut serta dalam upaya mengurangi angka kecelakaan sepeda motor.
(M040/B012)
Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2010