Jakarta (ANTARA) - PT Federal International Finance (FIF), anak perusahaan Astra International Tbk di bidang jasa keuangan, membukukan peningkatan laba bersih sebesar 83,20 persen menjadi Rp750,78 miliar pada Januari-Maret 2022, dibanding periode sama pada tahun sebelumnya sebanyak Rp409,80 miliar, berkat penerapan strategi digital yang digencarkan perusahaan.

Baca juga: Jangan panik, perhatikan hal ini saat hadapi "debt collector"

PT FIF mencatatkan pertumbuhan pada nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) menjadi Rp8,11 triliun pada periode Januari-Maret 2022, naik sebesar 11,59 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 7,27 triliun.

Seiring dengan itu, PT FIF juga membukukan pertumbuhan booking unit (BU) sebesar 5,07 persen menjadi 665 ribu unit pada periode Januari-Maret 2022 dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai sekitar 633 ribu unit.

Presiden Direktur PT FIF, Margono Tanuwijaya, mengatakan hasil itu tidak terlepas dari strategi manajemen dengan menghadirkan beragam inovasi digital yang terus ditingkatkan demi memberikan pelayanan kepada seluruh customer.

Baca juga: FIF bukukan hasil positif selama 2021 berkat hal ini

"Inovasi digital yang dikembangkan oleh PT FIF mengacu kepada setiap proses bisnis berdasarkan perspektif customer journey, mulai dari proses sales, order, akuisisi kredit, penyaluran pembiayaan, manajemen akun/kontrak, hingga proses collateral dalam penyimpanan jaminan kontrak kredit,” kata Margono dalam siaran pers, Kamis.

Lebih lanjut, Presiden Direktur PT FIF menjelaskan bahwa perekonomian yang membaik telah mendukung pergerakan berbagai sektor ekonomi termasuk industri pembiayaan, meskipun kondisinya belum menyamai kondisi di sebelum pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia.

Menurut Margono, berbagai produk digital yang dihadirkan PT FIF di antaranya adalah FIFGROUP Mobile (FM) Sales dan Digital Leads yang membantu proses penjualan, E-Form dan Smart Aqcuisition untuk membantu proses pengajuan order dan mempercapat akuisisi kredit customer.

FM Mobile Collection dan Smart Collection untuk mempermudah proses penagihan tanpa harus melakukan kunjungan, dan berbagai produk digital yang membantu proses bisnis lebih efisien, efektif dan produktif.

“Bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF akan terus memberikan upaya terbaiknya sebagai partner solusi finansial bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya,” tegas Margono.

Baca juga: Sharia Multifinance Astra hadirkan pembiayaan emas logam mulia

Baca juga: 500 pelaku UKM dan pengajar ikuti seminar pendidikan FIFGroup

Baca juga: Motor matic masih dominasi segmen pembiayaan FIF

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022