Jakarta (ANTARA News) - Insentif yang agresif dan pengeluaran iklan yang besar telah menolong Nissan North America Inc., meningkatkan penjualan yang lebih besar tahun ini di Amerika Serikat (AS) dibandingkan saingan Asia lain seperti Toyota, Honda, dan Hyundai-Kia.

Al Castignetti, Wakil Presiden Nissan Division, di hadapan para dealer dalam sebuah pertemuan bisnis minggu lalu di Las Vegas mengungkapkan keputusan perusahaan itu pada Juli untuk menambah dana pemasaran nasional AS sebesar 100 juta dollar untuk kembali mendorong penjualan. Dana itu akan diharapkan akan menghantam pasar bulan ini.

"Kami akan kembali mengucurkan pengeluaran yang sama seperti tahun lalu, seperti yang lain, dan tahun ini kami benar-benar telah kembali ke permainan pasar," kata Castignetti seperti yang dikutip Autonews.com.

Akibat resesi ekonomi setahun silam, Nissan memotong dana iklan sebesar 42 persen atau sebesar 690 juta dollar dari 1,19 miliar dolar pada 2008, demikian rilis Majalah 'Advertising Age'.

Sekedar perbandingan, Hyundai-Kia Automotive Group mengurangi dana iklan tahun 2009 sebesar 22 persen, dari 513 juta dollar pada 2008 menjadi hanya 402 juta dollar pada 2009.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010