Jakarta (ANTARA News)- Para insinyur Inggris telah menciptakan sebuah mobil yang digerakan oleh kotoran manusia.

Bio-Bug, nama mobil itu telah diubah menjadi kendaraan yang bisa digerakan oleh gas metana yang berasal dari kotoran manusia.

Seperti yang dilaporkan The Sun, Kotoran manusia dari 70 rumah tangga rupanya bisa menggerakan kendaraan itu sejauh 10.000 mil. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai adalah 114 mil per jam.

Sebuah mobil VW Beetle Convertible dengan mesin berkapasitas dua liter menjadi mobil pertama berbahan bakar gas metana dari kotoran manusia yang bisa melaju tanpa mengalami penurunan performa.

Mohammed Saddiq dari GENeco, sebuah lembaga yang peduli dengan energi alternatif di Bristol dan pencipta protipe Bio-Bug, mengatakan kendaraan baru itu akan menjadi awal revolusi hijau di bidang otomotif.

"Kami pikir akan cocok bila kendaraan berbahan bakar kotoran manusia adalah 'VW Beetle Bug' karena serangga secara alamiah menguraikan sampah di tempat penampungan untuk memulai proses pengolahan yang kemudian menghasilkan energi," kata Saddiq.

"Untuk sementara kami menggunakan kotoran dari toilet tetapi itu tidak akan berlangsung lama karena energi juga bisa didapat dengan mengolah makanan sisa. Ini bisa menjadi kendaraan paling ramah lingkungan yang ada," lanjut Saddiq.

Kendaraan itu awalnya menggunakan bensin tanpa timbal tetapi kemudian beralih ke metana setelah mesinnya bermasalah dengan 'temperatur'. Jika gas metana habis makan Bio-Bug akan kembali menggunakan bensin.

Sekitar 18 miliar meter kubik biogas diproduksi dari kotoran manusia setiap tahunnya di pengolahan limbah di Wessex Water di Avonmouth, Bristol, Inggris.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010