Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan merk Taiwan, Luxgen7 MPV (Multi Purpose Vehicle), yang diklaim sebagai salah satu mobil tercanggih di dunia dengan sejumlah sarana yang hemat energi, telah meraih Taiwan Excellence Gold Award dari Kementerian Urusan Ekonomi dan Taiwan External Trade Development (TAITRA) Council.

"Jika anda duduk di MPV dan menggunakan alat-alat elektronik, anda akan mengakui bahwa mobil ini memiliki kelebihan yang unggul dibandingkan mobil-mobil lain di pasaran. CEO Luxgen mengkombinasikan pengetahuan di bidang otomobil dan elektronik," kata Peter Zec, Presiden Organisasi Desain Jerman dan salah satu juri dalam Taiwan Excellence Award dalam siaran pers.

Menteri Urusan Perekonomian Taiwan mengatakan produksi oto-elektronik Taiwan akan bernilai 100 milyar dolar Taiwan (3.2 milyar dolar Amerika Serikat (AS) di tahun 2010 dan terus naik hingga 300 milyar dolar Taiwan di tahun 2015 mendatang.

Produk utamanya meliputi sistem telematik, lampu otomobil, lampu Light Emitting Diode (LED), sistem parkir mundur, dan sistem monitoring tekanan ban atau Tire Pressure Monitoring Systems (TPMS). Perusahaan Taiwan juga berpeluang besar di pasar aribag, sistem alarm mobil, keyless entry, chip pengunci mobil, sistem navigasi dan sistem infotainment.

"Taiwan memiliki citra yang baik di industri elektronik dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas industri ke ranah otomobil. Fokus industri otomobil global sekarang ini tertuju pada mobil hibrid dan elektrik. Hal inilah yang sangat menguntungkan Taiwan," kata Sejiro Oshimura, profesor Universitas Mejiro Jepang yang juga juri dalam Taiwan Excellence Awards.

Grup-grup internasional kini menggunakan jasa penelitian dan pengembangan untuk menggali pasar lampu otomotif, dimana kini telah bergeser dari teknologi lampu pijar ke teknologi LED yang menggunakan tenaga lebih kecil dan tahan lebih lama dibandingkan lampu tradisional. Produsen LED Taiwan mencakup Arima Optoelectronics Corp., Bright LED Electronics Corp., Epistar Corp., Everlight Electronic Co., Formossa Epitaxy, Genesis Photonics Inc., Harvatek. I-Chiun Precision, Ligitek, Opto Tech dan Unity Opto Technology Co.

Taiwan masih memiliki banyak lagi perusahaan yang bergerak di industri mobil elektrik. E-One Moli Energy Corp., memasok aki ber-ion lithium yang digunakan dalam mobil elektrik BMW MiniE. Fukuta Elec. & Mach. Co. memasok mesin penggerak elektrik untuk Tesla Roadster, BMW MiniE dan mobil elektrik Luxgen.

Produksi kendaraan elektrik diprediksi akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Rocky Mountain Institute, grup riset yang berpusat di AS menyatakan sekitar satu juta EV (Electric Vehicle) diperkirakan akan melaju di jalan-jalan di AS tahun 2015 dan diharapkan menjadi lima kali lipat tahun 2020.

Hal serupa diharapkan akan terjadi di pasar Asia dan Eropa. Milyaran dolar telah diinvestasikan secara global untuk mengembangkan dan mempromosikan teknologi kendaraan elektrik, termasuk dari American Reinvestment and Recovery Act tahun 2009, yang menanamkan hampir 3 milyar dolar AS.

Awal tahun ini, Underwriters Laboratories Inc. (UL), perusahaan jasa terkemuka di bidang keamanan produk dan sertifikasi, telah menandatangani surat penawaran dengan institut terkenal di Taiwan, Industrial Research Institute (ITRI) untuk mengembangkan teknologi uji dan spesifikasi untuk sistem tenaga di kendaraan elektrik. UL dan ITRI juga bermaksud mengembangkan uji keamanan untuk penggunaan aki lithium dalam jangka waktu lama dan sistem pembangkit tenaga solar.
(ENY/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010