Shanghai (ANTARA News) - Produsen otomotif China GAC Motor mendapat nilai di atas rata-rata pada sebuah survei kualitas.

Hal ini berarti  merek China telah memperpendek celah dengan jejeran merek global yang mendominasi pasar otomotif dunia.

Seperti dilansir Reuters, GAC Motor, yang memproduksi merek Trumpchi, memiliki 97 masalah dalam setiap 100 kendaraan baru yang dijualnya, menurut survei yang dpublikasikan pada Kamis oleh perusahaan survei pasar, JD Power & Associates.

Angka tersebut di atas nilai rata-rata yakni 119 masalah dan  mengalahkan merek global yang sudah terkenal seperti Buick dan Chevrolet dari General Motor, Ford, Nissan dan Honda.

Nilai yang semakin kecil menunjukkan kualitas yang semakin baik, nilai di atas 100 menunjukkan adanya beberapa masalah dalam setiap kendaraan.

Tiga merek lokal China lainnya, Venucia, Roewe dan Luxgen juga memiliki performa yan di atas rata-rata industri, dibandingkan dengan surveu JD Power tahun lalu.

Venucia adalah merek yang dikembangkan oleh perusahaan China dari Japan Nissan Motor Co, untuk pasar lokal sedangkan Roewe adalah merek SAIC Motor Corp yang memulai teknologi yang dibeli dari perusahaan Inggris, Rover.

"Merek lokal China memiliki perkembangan yang luar biasa pada kualitas kendaraan di tahun 2013," kata Wakil Presiden JD Power China, Mei Songlin.

Perusahaan otomotif China termasuk SAIC Motor Corp, GAC Motor dan FAW Car Co Ltd telah meningkatkan usahanya untuk mengembangkan merek mereka dengan menggunakan teknologi dan lemampuan yang telah mereka pelajari atau beli dari perusahaan asing, yang hanya bisa beroperasi di China lewat joint venture.

Terlepas dari usaha tersebut, merek asing masih menduduki peringkat atas di survei ini seperti Lexus dari Toyota dan Marcedes-Benz dari Daimler yang menduduki posisi tertinggi dalam survei kualitas dengan angka 52 masalah dalam setiap 100 mobil, diikuti oleh Subaru yang dibuat oleh Fuji Heavy Industries Ltd, Volkswagen dan BMW.

Survei ini, yang digagas 14 tahun lalu, mengawasi  performa mobil dalam kurun waktu dua hingga enam bulan pertama dengan menanyakan secara random pemilik mobil.

Survei ini juga mengukur beberapa masalah seperti desain, cacat dan malfungsi yang diindentifikasi oleh pemilik atau pembeli setiap 100 mobil.
Penerjemah: Deny Yuliansari
Copyright © ANTARA 2013