Jakarta (ANTARA News) - PT.Krama Yudha Tiga Berlian Motors memamerkan mobil konsep baru jenis SUV (sport utility vehicle) yang digunakan oleh mesin elektrik bernama "concept PX MiEV" di The 18th International Indonesia Motor Show 2010 hall A JIEXPO Kemayoran Jakarta.

"Mobil konsep kami, PX-MiEV merupakan electic drive SUV ," kata President Director PT.Krama Yudha Tiga Berlian Motors Hidemoto Mizuhara.

PX MiEV merupakan SUV konsep baru yang menyeimbangkan kinerja lingkungan yang tinggi dengan kinerja kendaraan yang memanfaatkan motor deferensial. Kendaraan ini dibuat dengan sistem penggerak listrik superior yaitu MiEV.

Concept MiEV berbeda dengan mobil hibrida konvensional lainnya yang mengandalkan pada kekuatan mesin. SUV tersebut menggunakan DNA SUV Mitsubishi dan kendaraan secara utuh digerakkan oleh mesin listrik sehingga mesin bensin hanya digunakan sebagai back up apabila baterai habis.

Mobil yang tampil minimalis dengan desain simple and clean ini, dilengkapi dengan S_AWC (super all wheel control) jenis terbaru, yaitu sistem kontrol penanganan kendaraan tercanggih yang dibuat di sekitar torsi dan kontrol rem pada setiap roda.

Kendaraan konsep itu juga menggunakan teknologi E-AYC (electric powered active yaw control) yang dikontrol secara elektronik dengan menggunakan motor diferensial untuk mengendalikan pembagian torsi roda belakang.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan plug-in Hybrid Mitshubishi baru dengan sirkuit elektronik yang secara otomatis beralih ke mode kendara optimal untuk berbagai kondisi mengemudi.

Energi yang masih tersisa pada baterai penggerak digunakan untuk mengekstrak efisiensi maksimum dari motor listrik dan dari mesin bensin berjenis 1.6L DOHC MIVEC.

Selain itu SUV konsep ini juga menggunakan MiEV OS (Miev Operating system) yang memungkinkan pengendara memilih model kendara optimal melalui pengendalian terpadu dari komponen EV dan bensin.

MiEV OS juga bisa mengontrol pengisian dan penggunaan listrik optimal yang tanggap pada baterai yang tersisa melalui pemantauan konstan baterai penggerak.
(YUD/A038/BRT) .
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010