Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Triton 2024 telah dianugerahi peringkat bintang lima dalam pengujian keselamatan oleh otoritas pengujian kecelakaan independen Australia  yakni Australian New Car Assessment Program (ANCAP).

Mobil tersebut menjadi kendaraan kabin ganda (double cabin/D-cab) pertama yang diuji coba berdasarkan kriteria baru organisasi tersebut pada tahun 2023-2025.

Peringkat bintang lima ini berlaku untuk semua varian 2WD dan 4WD Double Cab dari Triton yang baru saja diluncurkan di Australia dan Selandia Baru.

Baca juga: Produsen Jepang manfaatkan model asing dorong penjualan mobil outdoor

Baca juga: Mitsubishi TRITON Educar perkaya pengalaman digital anak Nusantara


"Peringkat ini menunjukkan tekad dan kemampuan Mitsubishi untuk merancang, membangun, dan menghadirkan produk bintang lima," kata Chief Executive Officer ANCAP, Carla Hoorweg dalam sebuah pernyataan, dikutip Drive, Jumat (12/4).

Truk kabin ganda merupakan salah satu model terlaris di Australia dan Selandia Baru, dibeli dalam jumlah besar oleh konsumen umum dan pembeli armada. Dalam banyak kasus, mereka adalah kendaraan alat perdagangan, namun mereka juga merupakan kendaraan keluarga.

Sementara di Indonesia, Mitsubishi Triton dengan wajah baru rencananya akan diperkenalkan di ajang otomotif tahunan GIIAS 2024 yang akan berlangsung Agustus mendatang.

Uji keselamatan Mitsubishi Triton 2024 oleh Australian New Car Assessment Program (ANCAP). (ANTARA/ANCAP)


Menurut ANCAP, Triton menunjukkan tingkat perlindungan yang tinggi untuk pengemudi, penumpang dewasa di kursi depan, dan penumpang anak-anak dalam sebagian besar tes tabrakan fisik, dengan skor maksimum yang dicapai oleh penumpang dalam tabrakan depan, pengemudi dalam tabrakan depan lebar penuh dan tabrakan miring, dan kedua boneka anak dalam tes tabrakan depan dan samping.

Namun, para penguji menemukan bahwa mobil ini dapat bekerja lebih baik dalam melindungi dada dan kaki bagian atas penumpang belakang pada uji frontal lebar penuh - di mana skor dada "lemah" dicatat dan penalti ditanggulangi karena menghadirkan peningkatan risiko cedera perut.

Ketika diuji mengenai risiko cedera pada orang di kendaraan lain jika tertabrak Triton dalam sebuah tabrakan, ANCAP mengatakan bahwa Mitsubishi berkinerja cukup baik, mengalahkan banyak kendaraan lain di segmennya.

Namun, skor “bantuan keselamatan” lebih rendah karena meskipun dilengkapi dengan sistem pengereman darurat otonom (AEB), sistem ini tidak begitu canggih dalam hal tabrakan di persimpangan jalan dan tabrakan langsung.

Uji keselamatan Mitsubishi Triton 2024 oleh Australian New Car Assessment Program (ANCAP). (ANTARA/ANCAP)


Sebagai bagian dari pengujian keselamatan, ANCAP juga menguji Sistem Pemantauan Pengemudi Triton, salah satu yang pertama kali diuji secara lokal.

"Sistem pemantauan pengemudi secara langsung masih relatif baru di pasar. Triton memenuhi persyaratan protokol ANCAP dalam memberikan peringatan terhadap kelelahan dan gangguan, namun implementasi Mitsubishi terhadap sistem ini dapat ditingkatkan dengan mengurangi peringatan yang tidak perlu kepada pengemudi," kata Hoorweg.

Selain peringatan visual, pabrikan dapat memilih antara peringatan DMS haptic atau suara untuk mendapatkan poin berdasarkan protokol ANCAP.

Namun, peringatan gangguan saat mundur, parkir, atau selama manuver kecepatan lambat di bawah 10 km/jam, tidak diwajibkan oleh ANCAP.

Baca juga: Rem cakram belakang Mitsubishi Triton baru dalam pengembangan

Baca juga: Mitsubishi siapkan edisi petualang pada ajang Tokyo Auto Salon

Baca juga: Mitsubishi Triton akan menjelajah ribuan kilometer di AXCR

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024