Jakarta (ANTARA) - Carro mengumumkan telah meraih gelar unicorn marketplace otomotif pertama di Asia Tenggara setelah mendapatkan suntikan dana sebesar 360 juta dolar AS dalam putaran pendanaan Seri C yang dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2.

Investor yang turut dalam putaran pendanaan ini termasuk beberapa investor terkemuka berbasis di Indonesia seperti EV Growth.

"Ini adalah tonggak bersejarah bagi kami. Kami berterima kasih atas dukungan kuat dari investor, yang menegaskan keyakinan kami pada kekuatan transformatif AI di industri otomotif untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa," ujar CEO dan Pendiri Carro, Aaron Tan, melalui keterangannya, dikutip Jumat.

"Saat digitalisasi membentuk lanskap global melalui kebiasaan konsumen dan praktik bisnis baru, ini adalah waktu yang sangat tepat bagi pasar mobil online end-to-end seperti Carro," imbuhnya.

Baca juga: Carro siapkan investasi Rp 1 triliun untuk layanan marketplace Mobkas

Carro akan menggunakan dana segar tersebut untuk memperkuat posisi pasarnya dan memperluas produk di pasar Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Empat negara ini merupakan pasar yang mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun lalu.

Perusahaan juga akan meningkatkan portofolio layanan keuangannya dengan memperluas di luar pembiayaan pinjaman in-house, serta mempercepat pengembangan kemampuan AI.

"Carro mengubah industri otomotif di Asia Tenggara dengan memberikan pengalaman pembelian dan penjualan yang tanpa batas bagi konsumen dan dealer mobil. Didukung oleh AI, platform teknologi Carro memberi konsumen layanan lengkap dan transparansi selama proses pembelian mobil," kata Managing Partner di SoftBank Investment Advisers, Greg Moon.

Dia menambahkan, SoftBank mendukung ambisi Carro untuk ekspansi ke pasar baru dan menggunakan teknologi AI untuk membuat proses pembelian mobil lebih cerdas, lebih sederhana, dan lebih aman.

SoftBank Group pertama kali berinvestasi di Carro pada tahun 2016 melalui SoftBank Ventures Asia, perusahaan modal ventura yang merupakan anak usaha dari SoftBank.

Carro menyediakan layanan full stack untuk semua aspek kepemilikan mobil dan menggunakan teknologi AI untuk mengubah pengalaman pembelian dan penjualan mobil.

Marketplace itu juga menyediakan layanan inovatif seperti layanan pembelian mobil daring tanpa kontak fisik pertama di Singapura, layanan berlangganan mobil pertama, dan asuransi mobil berbasis perilaku dan penggunaan pertama di seluruh negara.

Baca juga: Prospek bisnis mobil bekas pada 2021

Baca juga: CARRO berikan kemudahan untuk beli mobil bekas

Baca juga: Platform mobil bekas Carro masuk Indonesia, gandeng Tokopedia
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021