Jakarta (ANTARA) - Hyundai baru saja meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) berkelas premium, Hyundai Palisade yang dijual dengan rentang harga mulai dari Rp777 juta, Signature Rp888 juta dan Signature AWD Rp1,078 miliar.

ANTARA berkesempatan menjajal SUV premium Korea Selatan yang bergaya khas Amerika dengan dimensi panjang 4.980 mm, lebar 1.975 mm, dan tinggi 1.750 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 2.900 mm dengan ground clearance sekitar 203 mm. Adapun rute yang ditempuh adalah Jakarta hingga Bogor, Jawa Barat.

Pertama-tama, kami menjajal posisi duduk sebagai penumpang di bagian belakang dengan keluasan yang dihadirkan berkat tata letak interior kabin, captain seat sehingga kesan modern dan privasi yang lebih terasa. Kesan mewah dihadirkan melalui interior hitam burgundy serta desain kulit jok dengan bahan nappa berkelir merah marun, yang menambah aura mewah dari SUV bongsor ini.

Untuk melengkapi itu semua, SUV premium dengan tujuh penumpang itu menghadirkan fitur serba elektrik untuk AC dan juga sistem pendingin kursi dan pemanas kursi. Dengan fitur pemanas dan pendingin, penumpang akan lebih nyaman dan rileks untuk berlama-lama di dalam mobil. terlebih dengan suara yang kedap dari bisingnya dari luar mobil.

Ada juga penyematan konsol charging yang diletakkan di berbagai lokasi, misalnya samping jok bagian depan, sehingga  penumpang belakang cukup mencolokkan kabel mereka di samping jok tersebut untuk mengisi power baterai. Secara total ada 7 port USB, sesuai jumlah kapasitas penumpang mobil.

Baca juga: Hyundai Palisade 4x2 menjadi primadona di Indonesia

Baca juga: Mencicip SUV bongsor asal Korea Selatan


Pada bagian atapnya, mobil itu hadir dengan dua sunroof. Bagian pertama terdapat pada depan dengan pembukaan manual, sedangkan bagian belakang dapat dibuka dengan pengoperasian di depan ayau dekat driver.

Setelah puas menjadi penumpang, peserta kemudian merasakan performa dan handling Palisade dengan menginjak gas dalam-dalam menuju Jakarta guna merasakan sebarapa besar keganasan mesin mobil itu.

Pesaing Mazda CX-9 itu hadir dengan mesin R 2.2L CRDi inline 4-cylinder diesel with e-VGT, menawarkan output tenaga 200 ps dan output torsi 440 Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis delapan percepatan yang dapat diatur dengan tombol Shift-By-Wire (SBW).

Hyundai menghadirkan mobil ini dengan mode Eco, Comfort, Sprot dan Smart, sedangkan pada mode terrain, ada Snow, Mud, dan Sand yang dapat menyesuaikan pengendara saat melintasi jalur tertentu. Mesin itu sudah cukup untuk menghasilkan tenaga responsif dengan bodi mobil yang bongsor.
 
Hyundai Palisade (ANTARA/Ho)


Kenyamanan saat berkendara juga disajikan melalui handling yang sangat nyaman. Bagaimana tidak, seperti pada kendaraan premium lainnya, mobil itu juga memiliki setir yang ringan dan putaran balik yang cukup responsif.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, Hyundai Plaisade ditunjang fitur keselamatan mulai dari enam airbag yang tersemat di bagian pengemudi dan penumpang depan ditambah sepasang airbag samping untuk melindungi area dada dan panggul, sedangkan curtain airbag di bagian kiri dan kanan memberikan perlindungan untuk kepala bagi seluruh penumpang.

Selain itu, mobil juga memiliki fitur keselamatan dengan teknologi smart driving terbaru seperti Blind-Spot Collision Warning (BCW) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW).
Hyundai Palisade (ANTARA/Chairul Rohman)


Ada juga Safe Exit Assist (SEA) untuk mendeteksi kendaraan yang datang dari arah belakang dan secara otomatis tetap mengunci pintu, sehingga mencegah penumpang untuk keluar.

Terdapat Rear Occupant Alert (ROA) untuk mendeteksi pergerakan di dalam mobil dan memberi peringatan kepada pengemudi pada saat keluar dari mobil untuk memberitahukan bahwa masih ada penumpang di belakang.

All-new Palisade tersedia dalam beberapa varian warna eksterior, seperti Timeless Black, White Cream, Steel Graphite, dan Moonlight Cloud. Sementara pilihan warna interior tersedia dalam Black Mono-tone, Black+Burgundy, dan Navy+Warm Grey.

Baca juga: Pasokan suku cadang terganggu, Hyundai setop Palisade dan GV 80

Baca juga: Bridgestone akan pasok ban untuk Hyundai Palisade

Baca juga: Hyundai Indonesia buka pemesanan All-New Palisade

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021