Jakarta (ANTARA) - Rolls-Royce memiliki tim "Bespoke Collective" yang terdiri dari insinyur, desainer, dan pengrajin otomotif yang berbasis di Home of Rolls-Royce di Goodwood, Inggris.

Tim itu bekerja dengan visi global, yakni mendesain Rolls-Royce sesuai permintaan klien mereka yang berasal dari kalangan atas di seluruh dunia, sehingga mobil yang didesain membutuhkan tingkat kreativitas, kerajinan, dan imajinasi yang tinggi.

"The Bespoke Collective mencapai tingkat kehebatan baru di tahun 2020, bahwa mereka melakukannya dengan banyak kendala dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, namun membuat pencapaian mereka semakin mengesankan," kata Chief Executive Rolls-Royce Motor Cars, Torsten Muller-Otvos dalam siaran pers, Kamis.

Pada permulaan pandemi, desainer dan klien Rolls-Royce sama-sama membatasi kegiatan untuk tetap di rumah demi keamanan dan kesehatan. Namun, hal tersebut justru menjadi inspirasi tersendiri bagi tim desain, yakni menciptakan mobil yang mewah yang unik dengan mengambil unsur desain lingkungan rumah dan alam.

Berikut contoh desain dan bespoke terbaik dari Luxury House sepanjang 2020:

Dusk in Tokyo (Senja di Tokyo)
DUSK IN TOKYO (SENJA DI TOKYO) (ANTARA/HO)


Koleksi "Senja di Tokyo" yang terdiri dari model Phantom, Wraith, Dawn dan Cullinan, ingin merepresentasikan Tokyo sebagai ibu kota Jepang.

Cat putih bernama "Dusk in Tokyo" ingin mencirikan bangunan kaca dan beton pencakar langit metropolis pesisir yang bermandikan cahaya hangat menjelang senja. Mengandung serpihan aluminium dan mika, cat bias pada mobil itu menghasilkan warna halus dalam cahaya redup.

Interior kulit hitam yang diselingi kisi-kisi Rose Gold Bespoke Audio pada Phantom dan casing jam Rose Gold pada fasia ingin menggambarkan kontras bayangan panjang dan gelap dari gedung-gedung tinggi kota dengan hiasan ujung terakhir matahari yang memudar di atas kaca. Adapun warna Rose Gold ingin mewakili terbenamnya matahari di Jepang.

Phantom ‘Warna Warni Kemewahan'

Galeri Phantom yang tertutup rapat membuat desainer menggabungkan bahan-bahan alami dengan cara yang tidak bisa dilakukan di dalam mobil. Pada tahun 2020, Phantom 'Iridescent Opulence' mengambil pendekatan itu untuk mencapai level baru.

Phantom "Iridescent Opulence" dibuat melalui kerja sama dengan spesialis material Swiss Nature Squared. Hasilnya, galeri itu menampung lebih dari 3.000 bulu ekor warna-warni yang bersumber dari alam yang masing-masing dibentuk secara individual untuk menonjolkan kemilau dan rona yang kaya.

Interior Phantom itu dilengkapi sulaman "bespoke" air terjun dan inlay perak pada meja interior yang dihias mutiara, serta jahitan tangan pada kain pori terbuka berdesain memancar keluar yang berkilauan.

The Steed Phantom Extended
Rolls Royce Phantom Extended (ANTARA/HO)


Kerajinan sulam mewah berdesain seekor kuda jantan menghiasi pintu belakang interior Phantom Extended, guna menandakan kekuatan dan antusiasme yang tak henti-hentinya untuk maju. Sulaman kuda itu dikembangkan dari sketsa, disajikan Rolls-Royce Bespoke Design Collective kepada klien di China dengan visi yang sangat jelas.

Trilogi Warna 'Neon Nights'

Karya lain dari Bespoke Rolls-Royce adalah palet warna baru bernama "Neon Nights" yang hanya menampilkan empat warna untuk setiap kelirnya.

Warna cerah itu masing-masing terinspirasi dari alam, yakni Lime Rock Green berupa rona bercahaya yang ditemukan pada katak pohon hijau Australia, Eagle Rock Red yang meniru bunga 'Ōhi'a lehua, pohon cemara pohon asli Hawaii, dan Mirabeau Blue terinspirasi dari kupu-kupu eksotis rhetus periander di Amerika Tengah dan Selatan.

Baca juga: Rolls-Royce Ghost versi "Extended" punya ruang duduk lebih lapang

Wraith 'Terinspirasi dari Bumi'
Rolls Royce Wraith "Inspired By Earth" (ANTARA/HO)


Wraith "Inspired By Earth" adalah buah desain yang mengambil ide dari Tata Surya, termasuk bumi saat terlihat dari luar angkasa.

Eksterior mobil itu mengambil warna Royal Blue mengacu pada air yang menutupi 75 persen permukaan bumi, sementara kap mesin yang dilapisi udara menggambarkan pemandangan satelit dari wilayah Timur Tengah yang berpusat di Uni Emirat Arab.

Garis pembatas Emerald Green yang dilukis dengan tangan menggabungkan Matahari dan delapan planet Tata Surya. Sedangkan kursinya terbuat dari kulit Moccasin untuk meniru pasir gurun di Uni Emirat Arab.

Adapun corak Navy dan Cobalto Blue menunjukkan sungai dan danau, dan perpipaan Emerald Green melambangkan alam dalam segala bentuknya.

Baca juga: Rolls-Royce: Asia dorong pemulihan pasar mobil mewah

Koleksi Wraith Kyptos

Koleksi Wraith Kryptos adalah satu yang paling unik, karena mobil itu ditanamkan sandi rahasia yang harus dipecahkan oleh pemiliknya. Mobil Wraith Kryptos hanya tersedia 50 unit di dunia.

Terdapat beberapa kode yang tersebar pada mobil, antara lain patung "Spirit of Ecstasy" dengan kata KRYPTOS yang berbentuk kode, kemudian bordir ganda-R di sandaran kepala akan membantu klien untuk mengidentifikasi sandi rahasia.

Ghost Illuminated Fascia

Rolls Royce "Illuminated Fascia" memulai debutnya setelah dikerjakan selama 10.000 jam oleh Tim Bespoke Collective. Terdapat 850 bintang pada mobil super mewah itu.

Mobil itu menampilkan kesan mahal dengan 152 lampu LED dan 90.000 titik yang diukir laser di permukaan dasbor. Lampu-lampunya dengan cermat disesuaikan dengan warna jam kabin dan pencahayaan tombol instrumen guna menciptakan efek kelap-kelip saat mata bergerak melintasi fasia.

Baca juga: Spesifikasi Rolls-Royce Ghost generasi kedua

The Mahlangu Phantom
​​​​​​​
Rolls Royce THE MAHLANGU PHANTOM (ANTARA/HO)


Rolls-Royce Phantom Galeri memberikan kesempatan kepada klien mereka dari Afrika Selatan untuk menampilkan karya seni yang sangat pribadi.

Seniman Afrika Selatan Dr Esther Mahlangu menjadi seniman pertama yang membuat karya seni dengan cara unik, melalui mobil Roll Royce. Karya seni itu dipasang pada depan dan tengah interior Phantom.

Terkenal dengan lukisan dan mural abstrak geometris yang semarak, karya seniman berusia 85 tahun itu dapat ditemukan di banyak museum penting dan koleksi pribadi di seluruh dunia. Rolls-Royce juga memproduksi film untuk memamerkan karya Esther Mahlangu dan warisan budayanya.

Baca juga: Rolls-Royce rilis game interaktif kriptografi

Cullinan ‘Spirit of Russia’
Rolls Royce CULLINAN ‘SPIRIT OF RUSSIA’ (ANTARA/HO)


Cullinan menjadi kanvas yang sempurna untuk empat bespoke individu yang didedikasikan pada pegunungan legendaris Rusia: 'Elbrus', 'Krasnaya Polyana', 'Golden Mountains' dan 'Klyuchevskaya Sopka'.

Rona eksterior Iced Black Diamond, Iced Gunmetal Steel, Midnight Sapphire Blue, dan Premiere Silver terinspirasi oleh puncak yang membeku, dilengkapi detail eksterior chrome yang digelapkan pada masing-masing Cullinan.

Di dalam mobil, peta Rusia digambarkan dengan Starlight Headliner sementara puncak gunung disulam pada sandaran kepala. Pada plat setiap mobil terdapat ukiran yang menamai wilayah pegunungan serta ketinggian puncak tertinggi di setiap wilayah.

Baca juga: Rolls-Royce Ghost generasi kedua meluncur dengan mesin lebih besar

Phantom Arctic White dan Hotspur Red

Dipesan oleh kolektor Rolls-Royce di Texas, Roll Royce Phantom kontemporer itu dituntaskan dalam desain Arctic White dengan garis-garis ganda dalam warna Hotspur Red untuk menunjukkan corak interior yang berani.

Di bagian dalam, Hotspur Red melukis pemandangan yang menawan di setiap permukaan, dari alas lantai lambswool, tirai privasi hingga bahkan pada kompartemen bagasi juga tak luput dari nuansa seni itu.

Baca juga: Mobil sultan Rolls Royce Wraith "Earth" gambarkan peta Timur Tengah

Baca juga: Rolls-Royce Cullinan menjelajah gurun pasir
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021