Jakarta (ANTARA News) - Rolls-Royce Motor Cars mengumumkan mobil super mewah Phantom generasi ketujuh, Phantom Coupe dan Drophead Coupe, berhenti diproduksi pada 2016 menyusul rencana pengembangan arsitektur mobil aluminium space-frame terbaru yang menjadi basis seluruh Rolls-Royce mulai awal tahun 2018.

Dihentikannya pengembangan generasi ketujuh, Phantom Coupe dan Drophead Coupe, ditandai dengan lahirnya koleksi khusus yang hanya akan diproduksi sebanyak 50 unit yaitu Rolls-Royce Phantom Zenith.

"Saya sangat bangga dan gembira mengumumkan kehadiran Phantom generasi terbaru. Sebuah Phantom yang modern dan sangat indah, lengkap dengan rangkaian teknologi terbaru dan inovasi di semua lini," kata Torsten Mueller-Oetvoes, Chief Executive Officer Rolls-Royce Motor Cars, dalam siaran pers, Selasa.

"Phantom terbaru akan memberi nilai historis baru dan menjadi titik penting dalam sejarah dunia otomotif, kami akan bekerja keras untuk mewujudkan dan menyempurnakan Phantom generasi kedelapan," tambah Torsten Mueller-Oetvoes.

Phantom generasi ketujuh telah menjadi ikon dari kebangkitan brand Rolls-Royce Motor Cars di segmen mobil super mewah pada abad 21 sejak 13 tahun lalu.
 
Sampai November 2016, unit terakhir Phantom Coupe dan Drophead Coupe akan tetap diproduksi di Goodwood, Inggris. Namun kolektor mobil mewah dunia dipastikan sangat tertarik dengan 50 unit terakhir dari Phantom Zenith yang dibangun guna merayakan berakhirnya masa produksi dua kendaraan megah itu.
 
Selain itu, Rolls-Royce juga akan menghentikan produksi Phantom Limousines generasi ketujuh pada tahun ini.
 
Fitur terbaik Phantom Zenith

Koleksi spesial Rolls-Royce yang disebut ‘Zenith’ akan menjadi Phantom Coupe dan Drophead Coupe terakhir dalam sejarah Rolls-Royce Motor Cars yang akan dilengkapi fitur terbaik dan faktor kejutan.
 
"Zenith yang luas diartikan sebagai titik tertinggi akan menjadi puncak terbaik dan melahirkan standar tertinggi dari sebuah produk," ujar Giles Taylor, Director of Design Rolls-Royce Motor Cars.

"Zenith akan menjadi rangkuman dari seluruh fitur terbaik dari Phantom Coupe dan Drophead Coupe, lengkap dengan beberapa faktor kejutan. 50 kendaraan terbaik ini hanya akan datang di masa berakhirnya suatu era, sangat spesial dan tentu akan menimbulkan permintaan yang sangat besar," tambah Taylor.
 
Beberapa faktor kejutan tersebut antara lain ada di bagasi yang dilengkapi armrest unik, seperti Rolls-Royce 100EX yang diluncurkan di VIlla D'Este dan Rolls-Royce 101EX yang diluncurkan di Geneva. Sebuah instrumen dial serta Spirit of Ecstasy spesial juga akan dibuat khusus untuk varian ini.  
 
Selama bertahun-tahun, para insinyur, desainer, dan pengrajin di Rolls-Royce Motor Cars menyiapkan detail dari varian flagship Rolls-Royce dengan teknologi manufaktur yang paling unggul di Goodwood, Inggris Selatan.

Sejak 2005, varian terbaru dari Phantom VII bermunculan. Phantom Extended Wheelbase menjadi yang pertama, diikuti dengan kendaraan atap terbuka paling megah: Phantom Drophead Coupe di tahun 2007, dan datangnya kendaraan grand tourer paling cantik di dunia: Phantom Coupe di tahun 2008.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016