Jakarta (ANTARA) - Sebagian pabrikan otomotif telah berhasil pulih dan meraih performa seperti sebelum pandemi (pre pandemic), termasuk General Motors (GM) yang pada kuartal keempat 2020 mencapai 771.323 unit, naik 5 persen dibanding periode sama 2019.

GM memiliki penjualan ritel kuartal keempat terbaiknya sejak 2007, dengan pengiriman naik 12 persen. Penjualan untuk tahun kalender (setahun) mencapai 2.547.339 unit, dengan total pengiriman turun 12 persen tahun ke tahun dan pengiriman eceran turun 6 persen.

Penjualan ritel untuk industri tersebut mulai pulih pada Mei dan mencapai level pra-pandemi selama kuartal keempat. Penjualan armada mulai pulih tetapi tetap turun tajam, terutama pengiriman sewa harian.

Baca juga: Bos GM khawatir "siang dan malam" tentang penyebaran virus corona

"GM mengungguli industri dalam kuartal dan setahun penuh dengan margin yang signifikan karena tim dan diler manufaktur dan rantai pasokan kami membantu menjaga orang-orang tetap aman di tempat kerja dan peluncuran kami di jalur yang benar," kata Steve Carlisle, wakil presiden eksekutif dan presiden GM Amerika Utara, dikutip Selasa.

Pada tahun 2021, GM mengharapkan produksi satu tahun penuh dari Cadillac Escalade baru, GMC Yukon, Chevrolet Tahoe dan Suburban. GM juga telah mengumumkan rencana untuk membangun pickup ukuran penuh di Oshawa, Ontario mulai awal 2022.

GM sangat optimistis tentang SUV ukuran penuh barunya, yang mulai diluncurkan di pabrik Arlington Assembly di Texas pada bulan April.

Untuk tahun kedua berturut-turut, GMC Sierra memiliki penjualan ritel dan total kuartal keempat dan setahun penuh terbaik yang pernah ada, dengan total pengiriman naik 14 persen di kuartal tersebut dan 9 persen untuk tahun ini.

Pengiriman ritel GMC kuartal keempat naik 14 persen, dengan lima model naik dua digit, termasuk Yukon dan Yukon XL (naik 41 persen), Canyon (naik 42 persen), Sierra (naik 14 persen) dan Acadia (naik 26 persen).

Pengiriman ritel kuartal keempat untuk Chevrolet naik 12 persen, didorong oleh kesuksesan Trailblazer baru dan penjualan yang jauh lebih tinggi untuk hampir semua model lainnya, termasuk Corvette (naik 158 persen), Bolt EV (naik 106 persen), Tahoe ( naik 78 persen), Suburban (naik 56 persen), Traverse (naik 31 persen), Colorado (naik 21 persen), Silverado (naik 15 persen) dan Malibu (naik 11 persen).

Baca juga: GM perbarui logo perusahaan setelah 60 tahun eksis

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021