Jakarta (ANTARA) - Ford Motor Company akan melakukan penarikan kembali, recall, terhadap dua kendaraan mereka guna memberikan keselamatan dan kenyamanan terhadap konsumen mereka di Amerika Utara.

Yang pertama Ford akan menarik kembali kendaraan Ford E-Series 2021, karena adanya masalah pada manajemen termal penutup mesin 7,3 liter sehingga kendaraan yang terdampak akan memiliki insulasi yang salah posisi di bagian bawah penutup mesin yang tidak sepenuhnya meluas ke perimeter, seperti yang dimaksudkan.

Akibatnya, panas dari kompartemen engine dapat menyebabkan peningkatan suhu pada permukaan kompartemen penumpang pada penutup engine. Dalam kondisi tertentu, suhu permukaan penutup engine dapat meningkat lebih lanjut pada kendaraan yang dimodifikasi dengan Kontrol Idle yang Ditinggikan Stasioner atau Pelindung Pengisian Baterai.

Dengan adanya kontak langsung dan terus menerus di area tersebut akan dapa menyebabkan penumpang dapat menyebabkan luka bakar pada kulit pengemudi atau penumpang depan.

Dikutip dari laman Ford, Selasa, pihak perusahaan tidak mengetahui adanya kecelakaan atau cedera yang terkait dengan kondisi ini.

Kampanye ini akan berdampak kepada 29.344 kendaraan di AS dan wilayah federal dan 2.412 di Kanada. Kendaraan yang terkena dampak dibangun di Pabrik Perakitan Ohio mulai 11 Mei 2019 hingga 13 November 2020.

Diler akan memeriksa penutup mesin apakah ada celah antara segel karet dan isolasi. Jika perlu, diler akan memasang patch insulasi penutup mesin di sudut kanan dan kiri bawah penutup mesin.

Diler juga akan memperbarui kalibrasi powertrain untuk manajemen panas di bawah kondisi idle tertentu. Nomor referensi Ford untuk penarikan ini adalah 20S73.

Recall datang dari kendaraan Ford Explorer dan Lincoln Aviator 2020-21 tertentu. Karena adanya kesalahan pengencangan dudukan motor yang longgar sehingga dalam waktu tertentu akan menyebabkan masalah pada mesin yang dapat mengakibatkan hilangnya daya.

Dalam hal ini, Ford belum menerima laporan adanya kecelakaan yang diakibatkan oleh masalah ini. Tindakan ini memengaruhi sekitar 1.405 kendaraan di AS dan wilayah federal, 65 di Kanada dan dua di Meksiko.

Kendaraan yang terkena dampak dibangun di Pabrik Perakitan Chicago 28-30 Juli 2020. Dealer akan mengganti pengencang dudukan motor sebelah kanan. Nomor referensi Ford untuk penarikan ini adalah 20S72, demikian laman resmi Ford dikutip Senin.



Baca juga: Ford tarik 27.885 lagi kendaraan untuk masalah berbeda

Baca juga: Lebih dari 375 ribu Ford Explorer kena "recall", apa sebabnya?

Baca juga: Ford "recall" 375.000 SUV Explorer di Amerika
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020