Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 menjadi ujian berat bagi industri otomotif, kendati demikian BMW Group Indonesia yakin kondisi ini akan akan lebih baik pada 2021.

Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengatakan penjualan tahun 2021 untuk brand premium akan terus meningkat dan tumbuh lebih baik dari tahun 2020.

"Kalau untuk daya beli, dari data yang ada, untuk 2021, untuk kendaraan premium masih terus meningkat. Meskipun pasti ada pengaruh dari pendemi. Tapi di 2021 ada kesempatan untuk terus berkembang terutama untuk pasar kendaraan premium," ungkap Jodie di Jakarta, Kamis.

Selain itu dia juga menambahkan bahwa konsumen akan lebih berani mengeluarkan uang untuk membeli kendaraan impian mereka dibandingkan dengan yang ada pada 2020 dengan keadaan yang masih tidak stabil akibat adanya wabah virus corona.

Baca juga: BMW Grup Indonesia luncurkan mobil listrik tahun depan

Baca juga: Volvo S60 generasi ketiga tantang BMW Seri 3 dan Mercy C-class


"Kalau dari kacamata pangsa pasar premium akan masih terus bertambah di 2021," kata dia.

Pada 2021, BMW Group Indonesia akan mempertahankan beberapa hal yang sudah dijalankan pada 2020, salah satunya adalah memperkuat digitalisasi.

"Pasti 2021, dari data yang ada pandemi itu masih sangat berpengaruh. Jadi tidak bisa langsung kembali ke normal. Tapi yang menguntungkan adalah kita sudah belajar dari 2020 ini apa saja yang bisa dilakukan pasti persiapannya lebih matang untuk menghadapi 2021," ucap dia.

"Lalu kita akan terus pertahankan untuk yang seamless offline dan online untuk customer journey. Dan juga kita kan tidak tiba-tiba setop karena dengan adanya pandemi justru membuat digitalisasi itu terakselerasi dengan cepat," tambah dia.

BMW Group Indonesia juga sudah memiliki jaringan diler online, official online store di Tokopedia dan microsite yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi dan pembelian kendaraan.

"Kita punya strategi yang namanya digitalisasi dari tahun 2017, jadi saat pandemi terjadi kita sudah punya kerangka. Kita sudah mulai dari BMW Official Store yang ada di tokopedia dan ada virtual showroom dan pelayanan test drive," tutur dia.

Baca juga: Sedan sampai roadster, BMW klaim punya varian mobil premium terlengkap

Baca juga: BMW Group Indonesia pastikan X7 akan diproduksi lokal pada tahun depan

Baca juga: BMW Indonesia sambut persaingan industri kendaraan listrik

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020