Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada akhir November 2020 memperkenalkan skutik Nex Crossover sebagai motor petualang di kelas entry level scooter, yang bisa digunakan "bermain tanah" di jalur off-road ringan.

ANTARA pada awal Desember ini berkesempatan menjajal skutik yang bermain di segmen yang sama dengan Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride, dengan melintasi medan on-road dan off-road di Sentul, Jawa Barat.

Meski dikembangkan dari Suzuki Nex II Cross, namun suspensi Nex Crossover terasa lebih nyaman ketika melintasi jalanan off-road. Guncangan dari kaki-kaki dapat diredam dengan baik sehingga memberikan kenyamanan lebih saat berkendara.

Posisi naked handle bar yang baru sangat berperan dalam meningkatkan ergonomi dan kestabilan berkendara, terutama saat melintasi jalanan off-road. Naked handle bar dirasa lebih tinggi, namun dapat memberikan handling yang mumpuni, bahkan ketika melintasi jalanan licin.
Suzuki Nex Crossover (ANTARA/HO)


Baca juga: Suzuki New Carry hadir dalam bentuk Minibus dan "Blind Van"

Baca juga: Suzuki NEX II kini lebih segar dengan kombinasi warna dan corak baru


"Model naked handle bar bukan hanya memberi aksen tangguh, namun juga membuat posisi riding menjadi lebih rileks. Selain itu, keunikan ban jenis tubeless dual-purpose memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan dan ketenangan pengendara saat melintasi beragam kondisi permukaan jalan," kata Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales Yohan Yahya, Kamis (2/12).

Faktor lain yang membuat pengendara merasa nyaman adalah jok motor yang lebih empuk dari Nex II.

Untuk urusan performa, meski di kelas entri level bermesin 115cc, motor ini cukup bertenaga untuk diajak menanjak di medan off-road, lincah di jalanan aspal maupun tanah, serta mampu melintasi genangan lumpur tanpa terkendala berkat ground clearance (jarak terendah dari tanah) setinggi 150 mm.
Suzuki Nex Crossover (ANTARA/HO)


Fitur lain yang juga membantu selama berkendara adalah Digital Instrument Cluster yang menampilkan banyak informasi, mulai dari kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.

Namun, skutik bermesin 115cc tentunya tidak menawarkan torsi yang besar sehingga Anda harus memutar gas lebih dalam jika ingin memacu lebih cepat di jalur on-road, meski tenaga motor ini lumayan terasa jika digenjot di jalur off-road.

Faktor lain yang menjadi pertimbangan Nex "petualang" ini adalah bodinya yang ramping membuat pengendara bisa lebih lincah bermanuver, namun bagasi motor itu tidak terlalu luas, meski setidaknya masih bisa untuk menyimpan jas hujan atau jaket.

Suzuki Nex Crossover tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black dengan harga Rp17.990.000 (on the road Jakarta).
Suzuki Nex Crossover (ANTARA/HO)


Baca juga: Suzuki Carry Pick-Up raih kenaikan pangsa pasar 3,4 persen

Baca juga: Suzuki AS pisahkan unit sepeda motor dan produk kelautan

Baca juga: Suzuki Nex Crossover, penantang BeAT Street dan X-Ride

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020