Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama Xpander Rally Team (XRT) menggelar uji coba perdana mobil serbaguna (multi purpose vehicle/MPV) Xpander AP4 di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten.

“Kolaborasi kami bersama tim XRT dalam mewujudkan Crossover MPV seven-seater pertama yang dimodifikasi dan bergabung dengan AP4 Rally terus berlanjut," kata Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura, dalam siaran pers, Kamis.

Baca juga: Xpander CROSS masuk pasar Vietnam

"Meskipun di tengah situasi yang belum kondusif, MMKSI dan XRT tetap mempersiapkan Mitsubishi XPANDER AP4 untuk ajang reli nasional maupun internasional," kata dia.

Mitsubishi Motors memiliki sejarah pada ajang motorsport secara global. Kompetisi itu dijadikan "laboratorium alam" guna menguji performa kendaraan, kenikmatan berkendara, kenyamanan dan fitur keamanan.
Crossover MPV Reli Xpander AP4 (ANTARA/HO)


Selain itu, pengalaman dan pengetahuan yang dikembangkan melalui partisipasi dalam motorsport, merupakan feedback yang baik untuk pengembangan model Mitsubishi Motors.

Begitu juga dengan Xpander AP4, yang kehadiranya di Indonesia berawal dari ditampilkannya versi konsep pada pameran otomotif IIMS 2019. Pada Juli 2019 Xpander AP4 kembali ditampilkan di pameran otomotif dengan tampilan yang sudah menyerupai aslinya yaitu dalam bentuk prototipe.

Xpander AP4 menjalani riset dan pengembangan di Ralliart Selandia Baru, untuk mengubah sebuah Crossover MPV menjadi mobil reli. Setelah melewati proses homologasi, Xpander AP4 berbasis Xpander CROSS akhirnya hadir di Indonesia.

Meski demikian, Xpander AP4 belum berkesempatan ikut reli di Indonesia karena pandemi COVID-19 yang menunda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally dan Speed Rally di sepanjang tahun 2020.

"Saya sangat puas pada uji coba perdana Mitsubishi Xpander AP4 kami di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu lalu. Testing sejauh 100 kilometer itu sangat bermanfaat karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga sasis," kata pembalap XRT dan Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar.

AP4 akan melalui tes uji coba lintasan aspal dan didaftarkan pada kejuaraan lokal sprint rally pada akhir tahun 2020.


Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Elite Edition hadir di Bangkok Motor Show 2020

Baca juga: Penjualan mobil Indonesia naik 255 persen, Toyota dan Suzuki memimpin

Baca juga: MMKSI "recall" Xpander untuk perbaikan "fuel pump"

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020