Jakarta (ANTARA) - Mobil sport utility vehicle (SUV) compact Daihatsu Rocky yang diluncurkan pada 2019, mendapat rating bintang lima dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program), yang dikeluarkan Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety and Victims’ Aid).

"Dengan capaian Rocky ini, Daihatsu mendapat rating bintang 5 sebagai mobil teraman untuk kedua kalinya, yang sebelumnya mobil kompak Daihatsu Boon telah meraih rating serupa pada 2016 lalu," tulis keterangan resmi Astra Daihatsu Motor, Senin.

Pengujian Daihatsu Rocky dilakukan dengan berbagai pertimbangan seperti, kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang.

Baca juga: Toyota Alphard, Vellfire, RAV4, dan Raize dapat bintang lima uji JNCAP

Baca juga: Dua mobil mungil Mitsubishi dapat skor tertinggi JNCAP


Selain itu, dalam pengujian ini terdapat tiga aspek utama yang dievaluasi meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan bagi pejalan kaki, dan pengingat sabuk pengaman.

Daihatsu Rocky menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), dengan teknologi keamanan Smart Assist System.

Sebelumnya, Astra Daihatsu Motor (ADM) sepertinya belum akan membawa Daihatsu Rocky ke Indonesia dalam waktu dekat, setelah mobil itu diluncurkan pada Tokyo Motor Show 2019.

Daihatsu Rocky adalah SUV kompak yang diproduksi bersama Toyota Raize.

Baca juga: Daihatsu Rocky tidak masuk Indonesia tahun ini

Baca juga: Toyota Raize, harga dan spesifikasi

 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020