Jakarta (ANTARA) - Data industri Korea Selatan menunjukkan bahwa Hyundai dan Kia, merupakan menjadi penjual kendaraan listrik (EV) terbesar keempat secara global pada kuartal pertama tahun ini.

Pembuat mobil listrik Asal Amerika Serikat, Tesla Motors Inc meraih posisi teratas dengan penjualan 88.400 unit, atau 29 persen dari pasar global.

Menurut data dari Asosiasi Produsen Otomotif Korea, Hyundai dan Kia telah menjual sekitar 24.116 mobil listrik secara gabungan pada periode Januari-Maret, terhitung 8 persen dari pasar global.

Baca juga: Kia tangguhkan operasional dua pabrik di Korea Selatan

Baca juga: Hyundai Mobis naikkan investasi untuk riset mobil masa depan


Renault-Nissan berikutnya dengan 39.355 unit (13 persen), diikuti Volkswagen Group dengan 33.846 unit (11 persen). BYD Auto China berada di posisi kelima dengan 18.834 unit (6 persen).

Dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Kamis, ekspor kendaraan listrik Korea Selatan mencapai 20.173 unit dalam periode tiga bulan, angka itu naik hampir 26 persen dari tahun sebelumnya.

Tesla adalah penjual top di Korea Selatan dengan 4.070 unit pada kuartal pertama, mengambil 46 persen dari pasar lokal. Penjualan Hyundai, Kia dan pembuat lokal lainnya turun 34 persen menjadi 3.945 unit.

Pada tahun lalu, Hyundai-Kia menempati urutan keenam pasar mobil listrik dengan penjualan sekitar 84.200 unit.

Baca juga: Hyundai ungkap Santa Fe terbaru

Baca juga: Prototipe Hyundai i20 N baru terungkap dalam uji cuaca ekstrem

Baca juga: Bandara Incheon akan operasikan bus hidrogen Hyundai

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020