Jakarta (ANTARA) - Nissan Indonesia menawarkan program layanan kepada pelanggan Nissan-Datsun yang kendaraannya terdampak banjir di diler resmi wilayah Jabodetabek, Serang, Karawang dan Bandung hingga 10 Maret 2020.

Baca juga: Ongkos mahal pelarian Carlos Ghosn

Bagi kendaraan yang terkena dampak, Nissan menawarkan layanan diskon 35 persen untuk suku cadang dan 45 persen untuk biaya jasa.

"Kami turut prihatin kepada mereka yang terkena dampak banjir dan kami berharap untuk pemulihan selekas mungkin," kata Isao Sekiguchi, presiden direktur PT Nissan Motor Indonesia dalam keterangannya Selasa.

"Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan kami di daerah yang dilanda banjir. Bersama dengan mitra diler kami, kami telah mengaktifkan jaringan layanan untuk membantu pelanggan yang terkena dampak banjir pada saat mereka membutuhkannya,” kata Isao.

Baca juga: Yang harus dilakukan jika mobil "matic" terendam banjir

Nissan Indonesia mengeluarkan petunjuk keselamatan yang penting bagi pelanggan selama musim hujan dan meningkatnya risiko banjir, antara lain:

Pertama, cobalah untuk menghindari daerah-daerah tertentu yang diketahui rawan banjir dan temukan rute lain. Penting untuk memperhatikan kedalaman air yang dapat dilalui jenis mobil Anda, agar Anda tidak terjebak di tengah banjir.

Kedua, jika harus melewati genangan yang masih dapat dilalui mobil Anda, pastikan menggunakan kecepatan rendah kurang dari 3 km/jam untuk dapat membuat gelombang haluan yang menjauhkan air dari mesin. Penting untuk tetap menjaga kecepatan konstan kendaraan dan tidak melepas pedal gas.

Ketiga, banjir dapat menimbulkan risiko kerusakan serius pada mobil, seperti masuknya air ke mesin dan area transmisi, berkaratnya komponen logam, dan masalah kelistrikan.

Maka jika Anda terjebak di tengah banjir, jangan panik dan keluar dari kendaraan untuk temukan tempat yang lebih aman. Jangan menyalakan mesin, bahkan setelah banjir surut. Hubungi diler Nissan Datsun untuk dapatkan bantuan.


Baca juga: BMW Astra sediakan layanan jemput kendaraan terkena banjir

Baca juga: Perhatikan ini sebelum pesan jasa derek gendong mobil terendam banjir

Baca juga: Cara tangani motor matik tanpa "kick starter" usai terendam air

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020