Balikpapan, Kalimantan Timur (ANTARA) - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui kampanye "Cerita Livina; Nissan ke Ibu Kota Baru" menantang para awak media untuk menjajal ketangguhan All New Nissan Livina di medan semi off-road di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (5/12).

"Nissan dengan bangga menunjukkan bahwa wilayah Ibu Kota baru Indonesia memiliki begitu banyak hal yang dapat ditawarkan untuk liburan keluarga dan juga mudah diakses dengan mobil, terbukti dengan test drive All New Livina ini," kata Isao Sekiguchi Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia.

Lima unit All New Livina berjajar di tepi sebuah rumah makan di pesisir Kota Balikpapan, dan para pewarta yang telah dikelompokkan mendapatkan unit kendaraan untuk diuji.

​​​​​Perjalanan di Ibu Kota baru dimulai dari Balikpapan dengan mengunjungi Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), sebuah kawasan konservasi untuk orang utan dan beruang madu.

BOSF yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, berjarak kurang lebih 28,4 km dari Balikpapan dengan waktu tempuh sekira satu jam.

Untuk mencapai lokasi, All New Nissan Livina harus menghadapi medan yang beragam dari aspal biasa hingga jalanan tanah dan berkerikil.

Pewarta pun harus berkonsentrasi melibas jalanan menanjak dan berkelok.

Tak hanya itu, lalu lintas di sepanjang jalan dari Balikpapan menuju Samboja juga cukup padat dengan kendaraan-kendaraan besar seperti truk.

Ditambah banyaknya perbaikan jalan juga menuntut pengendara untuk bergantian melaju dua arah.
 
All new Nissan Livina saat melakukan acara "Cerita Livina; Nissan ke Ibu Kota Baru" di BOSF,Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (5/12/2019). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Di jalanan aspal, Vehicle Dynamic Control dengan Traction Control membantu meningkatkan kestabilan, sehingga membuat pengendara menjadi lebih aman dan percaya diri ketika menyetir.

Dibekali mesin bensin berkapasitas 1.500 cc, tenaga yang disemburkan cukup menunjang kenyamanan penumpang saat melaju dengan kencang.

Setelah menempuh satu jam perjalanan, rombongan tiba memasuki penangkaran dan konservasi BOSF. Para pewarta disambut dengan jalanan berbatu dengan tanjakan serta turunan yang cukup susah untuk dilalui.

Namun, dengan memindahkan tuas persneling ke posisi L, mobil matik itu mampu melintasi medan tersebut dengan mulus ​​​​​​.
 
All new Nissan Livina saat melakukan acara "Cerita Livina; Nissan ke Ibu Kota Baru" di BOSF,Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (5/12/2019). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Terdapat pula fitur Hill-Start Assist (HSA) yang dapat mempertahankan posisi selama dua detik sehingga mobil tidak meluncur mundur ketika mobil harus berhenti di jalanan menanjak.

All New Nissan Livina dilengkapi dengan ground clearance yang cukup tinggi, setinggi 205 mm. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir posisi bagian terbawah mobil akan tergerus.

Sementara kursi belakang penumpang, walaupun jalanan yang dilewati tidak mulus dan bergoyang-goyang, rupanya masih cukup nyaman bagi penumpang di belakang.

Perjalanan yang panjang dan melelahkan pun ditunjang dengan adanya fitur hiburan dan konektivitas yang lengkap bertajuk Smartphone Connectivity.

Ikut lestarikan alam
(Ki-ka) Deputi Direktur Restorasi Habitat Orangutan Indonesia dr Aldrianto Priadjati dan Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi dalam seremonial donasi bibit-bibit pohon buah dari Nissan di acara "Cerita Livina; Nissan ke Ibu Kota Baru" di BOSF,Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (5/12/2019). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Setelah menjajal medan yang menantang, Nissan Indonesia lantas turut berkontribusi untuk melestarikan habitat orangutan dan beruang madu di BOSF, Samboja.

"Donasi bibit pohon ini adalah untuk melindungi habitat orang utan dan beruang madu di Kalimantan Timur," kata Sekiguchi.

"Hal ini juga senada dengan komitmen Nissan yang ingin mendukung untuk kelestarian lingkungan," ujarnya melanjutkan.

BOSF yang pertama kali didirikan pada tahun 1991, didedikasikan untuk melestarikan orang utan yang berasal dari pulau itu.

Konservasi ini menampung 600-750 orangutan dan pengunjung dapat mengamati orangutan yang hidup di habitat alami mereka.

Deputi Direktur Restorasi Habitat Orang utan Indonesia, dr Aldrianto Priadjati pun menyambut baik donasi bibit-bibit pohon buah dari Nissan.

"Bukan hanya spesiesnya yang dilindungi, namun habitatnya juga harus dilindungi. Kami mengapresiasi kebaikan Nissan atas nama manajemen dan juga orang utan di konservasi ini," kata Aldrianto.

Pewarta: A087
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019