Jakarta (ANTARA) - Nissan pada Selasa (1/10) memperkenalkan mobil konsep IMk bertenaga listrik tanpa emisi untuk mobilitas masyarakat perkotaan, yang menawarkan keunggulan teknologi ProPILOT dengan kenyamanan interior layaknya sebuah kamar.

"Sebagai sebuah mobil listrik kompak untuk era baru, Nissan IMk didesain agar sesuai untuk lingkungan perkotaan modern maupun di kota-kota kecil tradisional Jepang," kata Satoru Tai, executive design director Nissan, dalam keterangan persnya, Rabu.

Satoru menambahkan, Nissan IMk mengusung desain kompak, modern dan bersih dengan latar belakang Jepang yang kuat, dilengkapi teknologi ProPILOT dan fitur konektivitas dari Nissan.

"Mobil ini tidak terkekang oleh konsep konvensional dari segmen mobil kei, dan desainnya terjalin dengan budaya Jepang. Mobil ini adalah mobil listrik kompak mewah, yang saya harapkan akan dikemudikan oleh banyak pelanggan," kata dia.

Tampilan dan proporsi IMk mencerminkan estetika minimalis berdasarkan filosofi desain baru Nissan yang dinamakan Timeless Japanese Futurism.

Eksterior mobil bercirikan garis yang mengalir dengan motif Jepang. Warna mobil mengambil skema cat Akagane yang merefleksikan kelir tembaga kemerahan guna memberikan penghormatan kepada para seniman yang membentuk tembaga menjadi karya seni fungsional.

Jika dilihat dari dekat, terdapat elemen "DNA Jepang" dalam IMk. V-Motion menampilkan "perisai" dan kombinasi lampu belakang yang merupakan ciri khas mobil Nissan yang menonjolkan kesan dan karya seni dari kayu.

"Kami menerapkan 'DNA Jepang' ke dalam desain IMk," kata Satoru.

"Sebagai contohnya, tampilan bumper, roda, ban, jendela, tail ramp, atap, dan high mount spoiler mengambil motif mengalir mizuhiki, benang tipis yang dibuat dari kertas beras Jepang."
 
Nissan IMK (ANTARA/Nissan Global)


Interior Kamar

Konsep kabin Nissan IMk adalah "kamar" yang memancarkan suasana kafe atau lounge. Kursi bergaya bench dengan tekstur berlesung menghadirkan ruangan yang nyaman.

Dasbor dan bagian pintu dilapisi dengan bahan tonal ringan. Aksen berwarna Akagane di sepanjang panel instrumen, pintu dan setir menambah kecerahan pada interior dan kesan premium pada kendaraan secara keseluruhan.

Bilah kayu saling bertautan dengan bagian pintu bawah, yang diambil dari teknik kerajinan kayu kigumi Jepang. Fitur estetika itu disorot dengan pencahayaan khusus yang tersembunyi.

Karpet lantai berwarna kopi gelap dengan untaian anyaman serat logam menambahkan kesan nyaman dan santai.

Selain tombol start dan shifter, dasbor tipis IMK tidak dijejali oleh kontrol fisik. Setelah IMk dihidupkan, baru tampak kontrol dan pengaturan kenyamanan kabin dengan ikon bercahaya lembut dalam trim Akagane.

Menurut Satoru, desain interior itu guna menciptakan pengalaman berteknologi tinggi dengan nuansa yang nyaman dan santai.

"Kami bisa membuat semua permukaan di dalam kabin IMk menjadi datar, dan memberikan ruang fisik yang lebih banyak," katanya.

"Tetapi jika kita melakukan hal ini, kita akan kehilangan sebagian dari keindahannya, dan kita tidak ingin melakukan itu. IMk tidak berfokus kepada menjadi lebih lapang daripada mobil kecil pada umumnya. Mobil ini ingin menjadi menjadi mitra kelas atas yang bergaya, yang memberikan ruang yang anggun dan elegan untuk dinikmati para penumpangnya," kata dia.

Nissan IMk menggunakan fitur teknologi Remote Park ProPILOT yang dapat diaktifkan menggunakan ponsel, dengan fitur Parkir Valet dapat mencari tempat parkir otomatis setelah Anda dan penumpang keluar dari mobil.

Ada juga teknologi bantuan pengemudi terbaru yang dibangun dari ProPILOT 2.0 versi lanjutan, memungkinkan kendaraan itu berjalan sesuai navigasi jalan raya dan pengemudi bisa "lepas tangan" saat di lajur tunggal.

Baca juga: SUV Nissan Patrol 2020 diperbarui

Baca juga: Tampilan awal Nissan Titan 2020 muncul sebelum debut

 

Pewarta: A069
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019