Jakarta (ANTARA) - PT Kwang Yang Motor Co, Ltd, merupakan perusahaan Taiwan yang memproduksi berbagai skuter, sepeda motor, dan kendaraan segala medan bermerek Kymco, yang mempelopori munculnya skutik Jetmatic Trend 125.

Kendati mengalami pasang surut karena gempuran skutik pabrikan Jepang, namun Kymco setidaknya berhasil bangkit pada dengan meluncurkan skutik besar di ajang IIMS, yakni Kymco Down Town 250i.

ANTARA berkesempatan menjajal kenyamanan dan ketangguhan dari Kymco Down Town 250i yang berkapasitas 246,3 cc, bertenaga 17,1 kW/7750 rpm dan torsi maksimal 23,14 Nm/6000 rpm, dari Jakarta menuju Puncak Drajat Pas, Garut, Jawa Barat.

Jika dilihat nampak depan, Kymco Down Town 250i ini memiliki desain lampu depan yang meruncing yang terlihat mirip dengan burung hantu.

Pada sisi penerangan untuk bagian depan kendaraan ini menggunakan lampu H7 yang dibalut dengan dengan Lampu DRL (Daytime Running Light) berbentuk cincin dan Lampu Sein LED dengan bentuk panah menampilkan kesan gagah nan tajam. Meski demikian, Down Town 250i belum menggunakan LED pada lampu utamanya.
 
Kymco Down Town 250i (Antara News/Chaairul Rohman)


Pesaing dari Yamaha X-Max dan Honda Forza itu punya dimensi besar dengan panjang 2.250 mm, dengan lebar 780 mm dan tinggi 1.310 mm. Hal yang membuat perjalanan menjadi nyaman ialah dimensi jok yang luas 835 mm dan jarak ke tanah setinggi 135 mm. Kendaraan ini juga memiliki ruang penyimpanan yang dapat menampung dua helm sekaligus pada bagasinya.

Motor ini dilengkapi dua Glove Box kanan dan kiri. Pada Glove Box kiri dilengkapi dengan USB Port untuk charge smartphone.

Motor ini ditopang suspensi belakang menggunakan double swing dengan lima preload adjustment sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan riders.

Selanjutnya, mengarah kebelakang. Desain dari kendaraan ini diperkuat dengan tampilan garis yang tegas, jika dilihat dari belakang motor ini cukup elegan, dengan ornamen silver pada lampu belakang yang berukuran besar.

Kymco Down Town 250i punya handling yang cukup baik, terasa pada saat pengendara memasuki daerah Cirata, Jawa Barat yang banyak menyajikan tikungan yang tajam dan juga tanjakan yang cukup curam, motor ini cukup "nurut" untuk dikendalikan.
 
Kymco Down Town 250i (Antara News/Chaairul Rohman)


Selain asik untuk diajak cornering, motor ini juga punya posisi riding yang nyaman dengan jok yang layaknya seperti sofa mewah.

Meski motor ini bongsor, namun pada saat dikendarai motor ini terasa nyaman dengan segala medan yang dilalui. Terbukti pada saat memasuki kota Bandung, kendaran ini cukup lincah untuk diajak meliuk-liuk ditengah kemacetan Kota Bandung.

Dengan total perjalan kurang lebih 432 km, motor ini sanggup melibas semua tantangan yang disajikan selama perjalanan, secara keseluruhan kendaraan ini cukup menarik hati untuk diajak melakukan perjalanan jauh.

Kymco Downtown 250i ini dijual dengan harga Rp65 juta kondisi on the road DKI Jakarta. Down Town 250i hadir dengan tiga pilhan warna Pearly Black, Mat Silver Crystal dan Mat Gray.

Baca juga: Tiga skuter matic berdesain klasik, pilih yang mana?

Baca juga: Kymco Like 150i dijual Rp28 jutaan, siap saingi Vespa

Baca juga: Kymco tatap peluang skuter listrik di Indonesia

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019