Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menjual sedan legendaris Corolla generasi ke-12 di pasar Indonesia, tersedia dalam tiga varian yang salah satunya sudah bermesin hibrida (hybrid).

All New Corolla Altis itu juga sudah dilengkapi platform Toyota New Global Architecture (TNGA), yang dilengkapi fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS).

"Penggunaan platform TNGA pada pengembangan All New Corolla Altis merupakan bagian komitmen Toyota untuk senantiasa menghadirkan mobil yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan teknologi yang ada saat ini," kata President Director PT TAM, Yoshihiro Nakata di Jakarta, Kamis.

All New Corolla Altis hadir dalam tiga varian yang semuanya memiliki transmisi CVT yaitu All New Corolla Altis 1.8 G dan 1.8 V dengan mesin berbahan bakar bensin dan All New Corolla Altis hybrid electric vehicle (HEV) dengan teknologi Hybrid generasi keempat.

Kehadiran Corolla HEV tidak hanya menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia, sekaligus juga menawarkan pilihan yang semakin luas kepada pelanggan. Saat ini, Toyota  memiliki lima varian kendaraan elektrifikasi yaitu Prius, Camry HEV, Alphard HEV, C-HR HEV dan Corolla Altis HEV.

"Melalui kehadiran All New Corolla Altis varian HEV, Toyota juga ingin makin menegaskan dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Indonesia dalam rangka akselerasi pengembangan kendaraan elektrifikasi dengan menghadirkan model mobil elektrifikasi yang lengkap,” kata Yoshihiro Nakata.

Penggunaan platform TNGA membuat performa driving pada All New Corolla Altis jauh lebih mengesankan. Dengan center of gravity lebih rendah 20 mm dibandingkan generasi sebelumnya, All New Corolla Altis kini jauh lebih stabil.
 
All New Corolla Altis (ANTARA News/HO)


Penggunaan platform TNGA dalam rancangan struktur, membuat dimensi kendaraan ini tampak lebih kokoh dengan panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm.

Untuk menunjang faktor keselamatan, All New Corolla Altis dilengkapi 7 (tujuh) airbags dan fitur Blind Spot Monitor pada varian 1.8 V  dan HEV. Khusus untuk varian HEV, juga dilengkapi dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan generasi terbaru dari Toyota Safety Sense (TSS).

“Kami optimis, kehadiran 3 varian All New Corolla Altis ini akan memberikan dinamika baru pada pasar otomotif nasional, terutama di segmen sedan,"kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Kazunori Minamide.

Sejak generasi pertama diluncurkan pada 1966, Toyota Corolla tampil sebagai salah satu kendaraan populer di pasar dunia.  Total penjualan Corolla dari generasi pertama sampai 2019 sudah mencapai lebih dari 47,6 juta unit, di lebih dari 150 negara. Di Indonesia, Corolla hadir sejak 1972 dengan total penjualan sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 147 ribu unit.

All New Corolla Altis HEV

All New Corolla Altis varian HEV menggunakan motor listrik P610 HEV transaxle dengan power 72 PS atau setara dengan Hybrid 4-cylinder yang dikombinasikan dengan mesin 2ZR-FXE.

All New Corolla Altis HEV juga merupakan model pertama Toyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari Toyota Safety Sense (TSS) yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB).
 
“Kehadiran mobil dengan fitur-fitur keselamatan Toyota Safety Sense yang lengkap dan canggih ini makin menegaskan komitmen Toyota yang tak hanya sekedar menekankan kenyamanan berkendara namun senantiasa serius memperhatikan faktor keselamatan pengemudi dan penumpangnya pada setiap mobil baru yang diluncurkan ke pasar,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Untuk makin mewujudkan fun to drive dan kenyamanan berkendara yang semakin kental, pada All New Corolla Altis HEV juga disematkan multimedia system yang dilengkapi dengan 8 inci head unit display yang terintegrasi dengan sistem monitor hybrid, bluetooth dan wifi, Apple car play, Smart Device Link (SDL), dan miracast.

“Multimedia system yang disematkan pada All New Corolla Altis HEV tak hanya mendukung fitur - fitur entertainment, tapi juga untuk operasional fungsi - fungsi lainnya seperti door lock, sistem AC, dan lainnya. All New Corolla Altis HEV sengaja dihadirkan untuk mewujudkan pengalaman berkendara mobil HEV yang aman dan nyaman melebihi ekspektasi pengemudi dan penumpangnya,” kata Anton.

Harga Toyota Corolla Altis baru antara lain Rp468.200.000 untuk New Altis G CVT, Rp489.300.000 untuk New Altis V CVT dan Rp566.300.000 Hybrid AT.
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019