Jakarta (ANTARA News) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia, menargetkan penjualan sebanyak sekitar 30 unit New Fuso FJ2528 6x4 Super Mixer sebulan.

"Dari kami sendiri, targetnya untuk FJ2528 kurang lebih 20-30 unit per bulan," kata Direktur Eksekutif Pemasaran KTB, Rizwan Alamsjah, di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JI Expo, Kemayoran, Senin.

FJ2528 merupakan varian ready mixer pertama yang baru saja diluncurkan secara resmi pada hari pertama gelaran IIMS 2014, Kamis lalu.

Alamsjah mengakui, selama 2014, terjadi penurunan total penjualan pasar kendaraan alat berat, namun FJ2528 tidak termasuk di dalam kategori itu.

"FJ2528 Super Mixer ini berbeda dengan alat berat, ia ada di pasar sendiri untuk semen," kata dia.

"Biasanya dalam pembangunan infrastruktur itu demi penghematan ongkos pengiriman semen sudah dalam bentuk cair menggunakan kendaraan mixer ready ini, sehingga lebih efisien baik buat penyedia semen maupun pembelinya," kata dia.

Selama gelaran IIMS 2014, pihaknya tidak mematok target penjualan tertentu untuk tujuh unit yang dipamerkan, mengingat konsumen kendaraan komersial karakternya berbeda dengan konsumen kendaraan penumpang.

"Kalau di kendaraan komersial itu kedatangan konsumen lebih ke semacam observasi, dari pihak kami sendiri lebih menilainya sebagai ajang pameran dan eksibisi produk baru serta menyediakan tenaga yang siap menjawab pertanyaan para konsumen.

"Berbeda dengan kendaraan penumpang yang nilai transaksi langsungnya lebih aktif memang, makanya kami tidak mematok target, meskipun tidak menutup kemungkinan ada transaksi langsung juga, sejauh ini masih di bawah 100 unit-lah," katanya.

Pun demikian, dia mengungkapkan khusus untuk FJ2528 Super Mixer telah menarik perhatian konsumen yang cukup serius, khususnya dari perusahaan semen.

Pasalnya, lanjut dia, varian ready mixer memang sudah ditunggu banyak konsumen.

"Sejauh ini setidaknya sudah ada lima perusahaan yang sangat serius untuk memakai, dan biasanya memang setiap pembelian itu bukan satuan tapi puluhan, sekira 10-20 unit," pungkasnya.

FJ2528 ditampilkan di gerai luar ruang Fuso sebanyak dua jenis, yakni yang ready mixer dan original chasis saja. 

Mereka berdampingan dengan lima unit lain yakni FJ2523 6x2 Super Long Cargo & Easy Loading, Heavy Truck, dan Original Chasis, serta FI1217 dan FE71Std yang dimodifikasi menjadi mobile shop menjajakan produk Suntory Garuda Beverage.
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014