Jakarta (ANTARA) - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) merayakan hari jadinya yang ke-16 tahun dengan menggelar diskusi dan lokakarya bertema "Menjaga Sikap Profesionalitas & Menjawab Tantangan di Era Disrupsi", di Amanuba Hotel & Resort, Bogor, Jawa Barat, pada 29-30 Juni.

Semakin berkembangnya dunia industri media saat ini, mengakibatkan banyaknya pesaing baru yang bermunculan. Pesaing ini pada umumnya memanfaatkan teknologi kekinian yang banyak menarik minat dari generasi milenial unuk mengaksesnya.

Dalam kesempatannya, Ketua Umum Forwot, Indra Prabowo menagatakan. dengan hadirnya tantangan ini menuntut para pemain lama harus mengatur ulang strateginya, termasuk dalam mengasah skill namun tetap mempertahankan sikap profesionalitas para jurnalisnya.

“Melihat perkembangan teknologi informasi hari ini, khususnya serangan informasi dari sosial media, menuntut setiap jurnalis untuk beradaptasi dan selalu kreatif. Dengan pelatihan ini, diharapkan para anggota Forwot mampu meningkatkan kreatifitasnya tanpa mengesampingkan kode etik dan tetap menjaga profesionalitas dan idealisme,” ujar Ketua Umum Forwot, Indra Prabowo, Sabtu (29/6).

Pada sesi pertama perwakilan dari Suzuki Indomobli Sales (SIS) Totok Yulianto, menyampaikan pemaparannya tentang produk terbaru dari Suzuki yakni, New Ertiga dan New Carry Pick Up. Setelah itu, perwakilan dari Institue Otomotif Indonesia, Eko Rudianto memaparkan perkembangan teknologi pada masa mendatang dan dilanjutkan oleh Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati dan Co Founder Jagatreview, Dedy Irvan yang memberikan pengalamannya dalam industri media olnline.

Usai pelatihan, sekira 60 wartawan dalam keanggotaan Forwot yang mengikuti lokakarya langsung diajak mengaplikasikan ilmu tersebut melalui kompetisi foto, video dan karya tulis jurnalistik.

Rangkaian puncak perayaan HUT ke-16 Forwot berlanjut dengan menggelar malam ramah tamah yang dihadiri tamu undangan perwakilan pelaku industri otomotif, pengurus dan anggota, yang ditandai pemotongan kue ulang tahun dan pembacaan doa bersama.

Forwot memiliki program sosial baru yang disebut "Andhum Kaharsa". Dijelaskan oleh ketua acara, Arief Aszhari program ini merupakan sebuah terobosan yang baru yang digagasi oleh pengurus dalam usahanya unutk memperhatikan para anggota.

Pada usianya yang ke-16 tahun, Forwot ingin menjadi wadah yang menaungi kepentingan para anggotanya. Tidak hanya dalam urusan profesionalisme saja, tapi juga kepedulian sosial terhadap kehidupan para anggotanya,” jelas Arief dilokasi yang sama.

Lewat program "Andhum Kaharsa" Forwot memberikan apresiasi ‘Lifetime Achievement Award’ kepada dua jurnalis senior yang dianggap memberi inspirasi lewat karya jurnalistik. Keduanya adalah Gatot Irawan (eks Sinar Harapan) dan Irwan Siswanto (eks Berita Kota) yang masing-masing menerima plakat ‘Andhum
Kaharsa’ serta tabungan investasi.

Tidak hanya sampai disitu, melalui program barunya Forwot juga menyerahkan bantuan pendidikan kepada putra dan putri beberapa anggota aktif.

Dalam perayaan HUT tahun lalu, Forwot juga menyerahkan donasi sebanyak empat unit laptop, yang diserahkan kepada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk keperluan pendidikan.

Puluhan stakeholder di sektor industri otomotif nasional mendukung penuh kegiatan HUT ke-16 Forwot. Diantaranya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT Sokonindo Automobile, Wuling Motors, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), PT Pertamina (Persero), PT Dyandra Promosindo, PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN), PT Toyota Astra Motor (TAM, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), PT Astra Honda Motor (AHM), Kymco, Federal Lubricants, PT Adira Insurance, Pegadaian, Astra Otoparts, PT Mandiri Tunas Finance (MTF), dan IRC Tire.



Baca juga: Pentingnya baca buku panduan ketika memiliki kendaraan baru

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019