Jakarta (ANTARA) - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) sukses menggelar kegiatan rutin tahunan yakni turing dan diskusi yang berlangsung di The Pelangi Hotel & Resort, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 2-3 Desember 2023.

Rangkaian perayaan HUT ke-20 FORWOT ini, diikuti sebanyak 112 peserta dan sekaligus menjadi jumlah peserta terbanyak selama kegiatan turing dan diskusi yang sudah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya.

"Turing tahun ini menjadi spesial, karena menjadi rangkaian dalam perayaan ulang tahun ke-20 Forwot. Kegiatan ini, juga tidak hanya jadi ajang berkumpul sesama anggota, tapi juga bisa bermanfaat, dengan diskusi, ajang silaturahmi, dan mempererat tali persaudaraan sesama anggota Forwot," kata Ketua Pelaksana HUT ke-20 Forwot Chairul Rohman dalam keterangan diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Forwot-Forbitas salurkan sembako kepada keluarga terdampak COVID-19

Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini tidak hanya sekadar melakukan perjalanan, tapi sekaligus menimba ilmu dengan beragam diskusi yang tersaji. Selain itu, para peserta juga disuguhkan berbagai acara menarik lainnya, seperti kompetisi reels dan game seru.

Diskusi yang dimaksudkan untuk menambah wawasan para peserta dalam industri otomotif masa depan disampaikan oleh Suzuki dengan tema “Decarbonization and Optimization Opportunities for the Indonesia Automotive Market”.

Dalam kesempatan tersebut, 4W Marketing & Business Strategy Director PT SIS Harold Donnel memaparkan, bagaimana langkah nyata Suzuki untuk mengurangi emisi gas karbon.

Selain itu, dijelaskan juga terkait optimalisasi segmen market, yang dalam hal ini adalah sport utility vehicle (SUV) yang saat ini memang sedang berkembang di Indonesia, serta strategi elektrifikasi Suzuki.

“Melihat adanya sebuah cita-cita kendaraan karbon netral di masa mendatang, kami tidak tinggal diam dan berusaha mulai mewujudkannya sejak saat ini. Kami berharap masyarakat pun dapat mendukung dengan lebih bijak dalam memilih kendaraan. Melalui berbagai jenis kendaraan hybrid yang Suzuki tawarkan, kami berharap dapat membawa dampak yang positif untuk keberlanjutan pelestarian lingkungan,” ucap Harold.

Pada malam harinya, diskusi berlanjut dengan menghadirkan tamu dari Dyandra Promosindo yang banyak membahas persiapan kegiatan tahunan mereka yakni Indonesia International Motor Show (IIMS).

Pada hari kedua, diskusi berlanjut di sesi ketiga, bersama dengan PT Chery Sales Indonesia (CSI). Dalam kesempatan tersebut, Head of Brand PT CSI Rifkie Setiawan memaparkan terkait strategi pabrikan asal China ini, khususnya di industri elektrifikasi.

Selain itu, juga diumumkan langkah Chery untuk memulai perakitan mobil listrik Omoda E5 yang dilakukan di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor, di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Tidak hanya dijejali dengan diskusi, rangkaian kegiatan di turing Forwot 2023 ini, juga diadakan kompetisi reels, menggunakan empat kendaraan roda empat dari sponsor, yaitu Honda WR-V, Mitsubishi XForce, Suzuki XL7 Hybrid, Chery Omoda 5 GT, dan Chery Omoda E5.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari PT Chery Sales Indonesia (CSI), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), UD Trucks, PT Honda Prospect Motor (HPM), Wuling Motors, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), PT Hino Sales Motor Indonesia (HSMI), Mitsubishi Fuso.

Lalu ada juga PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Pertamina Lubricant, Garda Oto, Dyandra Promosindo, Seven Event, PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Dukungan juga datang dari Piaggio Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM), GT Radial, Astra Financial, PT Neta Auto Indonesia, Jeep, Caroline.id, Dialogue, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Bridgestone, Motul, RSV, dan Rabbit and Wheels.

Baca juga: FORWOT gelar Safety Riding Training guna kurangi angka kecelakaan

Baca juga: Wuling gandeng Forwot donasikan 100 paket sembako

Baca juga: HUT ke-18, FORWOT gelar aksi sosial
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023