Jakarta (ANTARA) - Pemudik yang menggunakan alat transportasi pribadi sebaiknya membekali kendaraannya dengan asuransi guna mengantisipasi pengeluaran tambahan akibat kecelakaan lalulintas atau hilangnya kendaraan saat diparkir untuk beristirahat.

"Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan," ujar Chief Executive Officer Adira Insurance, Julian dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Memiliki asuransi kendaraan selama mudik juga membuat Anda mendapatkan kemudahan apabila terjadi hal darurat selama perjalanan, karena perusahaan asuransi menyediakan layanan bantuan.

"Selama periode mudik lebaran, Adira Insurance selalu menyiapkan contact center Adira Care 1500 456 dan rescue unit yang standby 24 jam di Indonesia," kata Julian.

Adira Insurance juga berkoordinasi dengan Autocillin Garage yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan kendaraan akan masuk bengkel karena kecelakaan atau risiko saat mudik lainnya.

Pelanggan dapat menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim untuk menemukan Autocillin Garage terdekat dari lokasi pemudik.

Selain kecelakaan, potensi kendaraan hilang atau dicuri saat diparkir untuk beristirahat juga membuat Anda setidaknya memikirkan untuk memiliki asuransi.

Asuransi bisa menjadi jawaban atas risiko itu karena terdapat perlindungan kehilangan yang dikenal dengan Total Loss Only (TLO) guna melindungi kendaraan yang dibawa mudik maupun ditinggal di rumah selama pulang kampung.

Penyebab lain pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik adalah karena tingkat kerusakan kendaraan yang tinggi, menyusul perjalanan mudik yang menempuh jarak cukup jauh sehingga kerusakaan kendaraan tidak dapat diprediksi.

Business Division Development Head Adira Insurance, Tanny Megah Lestari, mengatakan telah mempersiapkan layanan emergency road assistance seperti bantuan derek, jumper, bantuan penggantian ban, kendaraan terkunci secara tidak sengaja, dan berbagai fasilitas rescue lainnya.

"Jika Pelanggan mengalami musibah saat perjalanan mudik, Pelanggan langsung menghubungi contact center Adira Care 1500 456 atau dapat mengirimkan SMS di nomor 08121113456," kata dia.

Hingga kuartal I-2019, total premi asuransi kendaraan di Adira Insurance mencapai Rp422 miliar, bertumbuh 12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Asuransi kendaraan roda empat masih mendominasi pendapatan premi dengan nilai Rp248 miliar dan bertumbuh 2 persen year on year (yoy). Sementara asuransi kendaraan roda dua mencatatkan pertumbuhan premi 29 persen (yoy) ke angka Rp174 miliar.


Baca juga: Fitur canggih mobil baru bisa naikkan biaya asuransi

Baca juga: Cermati kiat-kiat berikut untuk mendapat asuransi mobil terbaik untuk mobil Anda

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019