Jakarta (ANTARA) - Ferrari Jakarta menghadirkan untuk pertama kali di Indonesia Ferrari 488 Pista, penerus dari seri Ferrari bermesin V8 - 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale.

"Ferrari 488 Pista adalah produk yang sangat ditunggu oleh klien Ferrari di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia," kata Indraguna Sutowo, pemilik diler dan CEO Ferrari Jakarta, Kamis.

Pengembangan mobil ini berevolusi seiring keterlibatan Ferrari dalam FIA World Endurance Championship, di mana Ferrari memenangi lima gelar manufacturer terbaik di kelas GTE dalam enam tahun sejak awal seri, menjuarai 29 dari 50 seri balapan, serta 25 tahun pengalaman dalam menjalankan Ferrari Challenge one-make series.

Pemangkasan berat pada Ferrari 488 Pista, juga pengembangan performa mesin, aspek dinamika dan aerodinamis kendaraan, adalah inspirasi dari mobil balap Ferrari 488 GTE dan 488 Challenge.

Dibandingkan 488 GTB, model baru dengan bobot kering 1.280 kilogram ini lebih ringan 90 kilogram. Jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series, hasilnya standar performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8.
 
Ferrari 488 Pista (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Mesin 488 Pista adalah V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari. Ini merupakan evolusi dalam hal unit turbo yang mendapat penghargaan International Engine of the Year pada 2016 dan 2017.

Mesin tersebut menghasilkan daya 720 CV, tenaga terbesar di kelasnya dan paling ringan. Itu semua berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge, termasuk manifold knalpot Inconel juga poros engkol dan flywheel ringan, juga fitur tambahan seperti con rods titanium dan intake plenum dari serat karbon.

Ferrari 488 Challenge juga menyumbang turbo dengan sensor rev terpadu, juga rancangan saluran air intake yang telah dipindahkan dari bagian flank ke area sekitar spoiler belakang agar aliran udara lebih bersih.

Torsi yang dihasilkan lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus, juga waktu respons turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya.

Ferrari 488 Pista punya kualitas suara dan intensitas lebih tinggi dibandingkan 488 GTB di semua tingkat perpindahan gigi, juga pada semua tingkat putaran mesin seiring peningkatan daya yang progresif.
 
Ferrari 488 Pista (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Mobil ini memanfaatkan pengalaman Ferrari dalam motor-sport untuk performa aerodinamis maksimal. Solusi balap yang diadopsi meliputi S-Duct yang terinspirasi F1 juga desain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk 488 GTE guna menciptakan daya hisap kuat untuk meningkatkan downforce.

Generator vortex di bawah bodi mobil sudah dirancang ulang, sementara diffuser belakang memakai dudukan ganda seperti 488 GTE demi meningkatkan ekstraksi udara serta menghasilkan downforce dibandingkan diffuser tradisional.

Pada model ini, spoiler belakang dibuat lebih tinggi dan panjang, bentuknya pun lebih optimal. Hasilnya, kenaikan downforce sebesar 20 persen.

Dinamika kendaraan dalam mobil ini sudah dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan kesenangan pengendara, di mana performa tertinggi dapat dengan mudah dicapai serta dikendalikan.

Kinerja 488 Pista disebut lebih sempurna dalam melewati tikungan tajam, dan pengendalian mobil juga lebih mudah dan intuitif.

Pemilihan suspensi disempurnakan dengan ban baru yang dikembangkan khusus untuk model ini oleh Michelin.
 
Ferrari 488 Pista (ANTARA News/ Nanien Yuniar)



Desain 488 Pista fokus pada konsep aerodinamis fungsional, sedangkan kokpit dirombak ulang sesuai tema sporty.

Rancangannya memakai elemen inovatif, seperti S-Duct aerodinamis di bagian depan yang memberikan kesan visual bagian hidung lebih pendek, menciptakan efek sayap mengambang.

Skema warna-warna balap adalah bagian integral dari desain mobil, caranya menyatu dengan S-Duct menonjolkan bentuk Berlinetta yang ringkas namun berkesan.

Konsep bagian depan tercermin pada spoiler belakang berbentuk ekor lumba-lumba yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien, sedangkan volume bagian belakang menambah kesan bertenaga.

Kesan dasar dari mobil untuk tujuan ekstrem semakin tegas dengan penggunaan pelek karbon baru ukuran 20 inci, pertama kalinya pada Ferrari. Bagian lain yang memakai bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang.

Spesifikasi teknik Ferrari 488 Pista

Mesin
Tipe V8 90 twin turbo
Ukuran mesin 3902 cc
Daya Maksimum 530 kW (720 cv) pada 8000 rpm
Torsi Maksimum 770 Nm pada 3000 rpm

Dimensi dan berat
Panjang 4605 mm
Lebar 1975 mm
Tinggi 1206 mm
Bobot kering 1280 kg

Performa
0-100 km/jam 2,85 s
0-200 km/jam 7,6 s
Kecepatan maksimum >340 km/jam

Baca juga: Tampilan Ferrari F8 Tributo calon pengganti 488 GTB
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019