Jakarta (ANTARA) - Fiat Chrysler mengumumkan pada Selasa (30/4) telah memilih teknologi Alphabet Inc dari Google dan perangkat Samsung untuk sistem mobil terkoneksi pada 2022.

Grup otomotif Italia-Amerika itu akan menggunakan OS Android dan perangkat Samsung sebagai penyedia konten musik dan video, serta menunjang fitur kendaraan terkoneksi juga swakemudi.

"Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menggunakan sistem operasi Google Android secara global, daripada memakai bermacam macam perangkat lunak berdasarkan wilayah," kata seorang juru bicara FCA dilansir Reuters, Rabu.

Pembuat mobil itu juga akan memakai digital berbasis cloud dari Samsung Electronics.

Tidak seperti saingannya, General Motors dan Ford, FCA tidak menghabiskan dana untuk mengembangkan teknologi kendaraan swakemudi.

Mereka menggandeng banyak pihak guna menghemat uang perusahaan, namun langkah itu membuat pabrikan akan bergantung pada pihak luar sebagai penyuplai teknologi.

FCA mengatakan akan meluncurkan sistem baru pada paruh kedua tahun 2019. Sistem itu bisa membantu pemilik "memprediksi kebutuhan perawatan mobil, menemukan stasiun pengisian bahan bakar, bantuan petunjuk lalu lintas hingga navigasi menuju lokasi menarik misalnya restoran terdekat.

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019