Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil Italia-Amerika Fiat Chrysler akan menginvestasikan dana sebesar 755 juta zloty (Rp2,8 triliun) untuk produksi mobil listrik di pabrik mereka di Tychy di Polandia.

Fiat Chrysler mengonfirmasi bahwa model Jeep hybrid dan listrik baru, Fiat, dan Alfa Romeo akan dibangun di Tychy.

Wakil Perdana Menteri, Jaroslaw Gowin mengatakan pada Selasa (29/12) waktu setempat, investasi tersebut menjadi pendorong ekonomi di Eropa, dan mereka berharap peralihan kendaraan listrik dapat membantu sektor otomotif Polandia agar lebih bersaing.

"Mobil modern, hybrid, dan listrik dari merek Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo akan mulai diproduksi oleh pabrik di Tychy pada 2022," tulis Gowin di Twitter seperti yang dikutip dari Rueters, Kamis.

Baca juga: Jeep Wrangler listrik tiba di Asia tahun depan

Baca juga: Cerita di balik kerja sama sepeda listrik Jeep dan QuietKat


Gowin mengatakan mungkin akan ada investasi lebih lanjut di pabrik itu ke depannya.

Fiat Chrysler yang juga bekerja sama dengan PSA dengan nilai investasi 38 miliar dolar AS akan memulai persiapan untuk perluasan dan modernisasi pabrik pada akhir 2020.

Pabrik itu merupakan salah satu yang terbesar di Polandia dengan mempekerjakan sekitar 2.500 orang.

Dikatakan bahwa tujuannya adalah untuk memulai produksi massal pertama dari tiga model mobil penumpang baru untuk merek grup tersebut pada paruh kedua tahun 2022.

Berdasarkan rencana 2018-2022, FCA berjanji untuk menginvestasikan 9 miliar euro dalam elektrifikasi sebagai bagian dari rencana investasi sebesar 45 miliar euro.

Baca juga: Jeep Grand Cherokee 2022 hadir dengan desain lebih garang

Baca juga: Mahindra bisa jual Roxor, sempat dituduh jiplak Jeep

Baca juga: Jeep Wrangler 4xe raih penghargaan AutoTech

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020