Jakarta (ANTARA) - Huawei berambisi menjadi pemasok utama teknologi self-driving (swakemudi) dengan meluncurkan perangkat keras komunikasi 5G pertama di dunia untuk industri otomotif.

Huawei mengatakan dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Selasa (23/4), perangkat bernama modul MH5000 itu menggunakan platform chip Balong 5000 5G yang diluncurkan pada Januari.

"Berdasarkan chip ini, Huawei telah mengembangkan modul mobil 5G pertama di dunia dengan kecepatan tinggi dan kualitas tinggi," kata perusahaan China itu pada perhelatan Shanghai Autoshow yang digelar hingga Kamis besok

"Sebagai produk komunikasi penting untuk transportasi mobil cerdas masa depan, modul 5G untuk mobil akan mempromosikan industri otomotif agar bergerak menuju era 5G," kata Huawei.

Modul itu akan membantu rencana perusahaan dalam meniagakan teknologi jaringan 5G di sektor otomotif pada paruh kedua tahun ini.

Huawei dalam beberapa tahun terakhir telah menguji teknologi untuk mobil terhubung di kota-kota China, meliputi Shanghai, Shenzhen dan Wuxi. Mereka juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan sejumlah pembuat mobil termasuk FAW, Dongfeng dan Changan.


Baca juga: Pabrik mobil swakemudi Waymo beroperasi pertengahan 2019

Baca juga: PM Inggris izinkan Huawei bantu bangun jaringan 5G

Baca juga: Huawei pamerkan penerapan jaringan 5G di Indonesia

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019