Berlin (ANTARA) - Produsen mobil Porsche SE, pemegang saham terbesar di pembuat mobil Jerman Volkswagen Group, telah meningkatkan kepemilikannya di Volkswagen dari 52,2 persen menjadi 53,1 persen dari hak suara, Kepala eksekutif (CEO) Hans Dieter Poetsch mengumumkan pada Selasa (19/3).

Untuk membeli 0,9 persen hak suara tambahan, Porsche SE telah menginvestasikan 400 juta euro (454 juta dolar AS) guna membeli saham dari pasar bebas.

"Kami tetap yakin bahwa Volkswagen Group memiliki potensi pertumbuhan yang cukup besar, dan untuk alasan itu Porsche SE telah memutuskan untuk memperluas investasinya di Volkswagen," kata Poetsch.

Porsche SE melihat keuntungannya meningkat menjadi sekitar 3,5 miliar euro pada 2018 atau 6,0 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya, sebagian karena peningkatan laba operasi Volkswagen tahun lalu.

Oleh karena itu, Porsche SE akan mendistribusikan 676 juta euro kepada pemegang saham dalam bentuk dividen, tambah Poetsch. Dividen yang diusulkan sebesar 2,21 euro per saham preferensi untuk tahun fiskal 2018 akan dibahas pada pertemuan umum tahunan pada Juni.

 

Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019