Jakarta (ANTARA) - Salah satu pendiri Facebook sekaligus orang terkaya kedua di dunia, Mark Zuckerberg dan pasangannya Priscilla Chan telah menerima sepasang Porsche tetapi diubah menjadi “minivan”.

Dilaporkan Drive pada Senin (7/10) waktu setempat, Porsche milik Priscilla Chan tersebut kini dilengkapi suspensi lebih rendah dan jarak sumbu roda yang lebih panjang untuk mengakomodasi pintu geser belakang, sehingga memudahkan ketiga anak dan anjing untuk masuk dan keluar.

Chan memilih Porsche Cayenne Turbo GT dengan modifikasi oleh West Coast Customs yang merupakan bengkel kendaraan berbasis di California yang mengkhususkan diri dalam pembuatan mobil ekstrem.

Bengkel tersebut pernah bekerja sama dengan selebritas lain seperti Shaquille O’Neal dan Will.I.Am di masa lalu.

Baca juga: Zuckerberg kembali pimpin Facebook walau para pemilik saham geram

Baca juga: CEO Facebook sumbangkan 99% saham untuk yayasan barunya


Sebagai referensi, Cayenne Turbo GT tersedia di Australia dengan harga mulai dari 371.700 dolar AS atau sekitar Rp5,8 miliar sebelum biaya di jalan dan berada di puncak jajaran SUV besar Porsche sebagai model bertenaga bensin terkuat.

Dilengkapi dengan mesin bensin V8 twin-turbo berkapasitas 4.0 liter, Cayenne Turbo GT menghasilkan tenaga 485 kW dan torsi 850 Nm yang menakutkan bagi mobil super.

Dengan tenaga yang dikirim ke keempat roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan, Cayenne Turbo GT dapat berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,3 detik sehingga membuatnya lebih cepat daripada Lamborghini Huracan Sterrato, Audi R8 V10, dan Mercedes-AMG GT R.

Namun, tidak jelas seberapa besar bobot tambahan dari bodywork kustom tersebut telah menumpulkan kinerja Porsche Cayenne Turbo GT, juga tidak diungkapkan berapa biaya pengerjaannya.

Setidaknya, perubahan sekilas mencakup pemanjangan lantai dan atap, penguatan struktural untuk mengakomodasi panjang ekstra, panel seperempat belakang yang dibuat khusus untuk mekanisme pintu geser, fabrikasi pintu kustom, dan pengalihan semua pipa listrik dan mekanis agar sesuai dengan bodi baru.

Sementara Chan berhasil mendapatkan Porsche rakitan, Zuckerberg tidak ketinggalan, ia menerima pengiriman 911 GT3 Touring dengan warna eksterior abu-abu datar yang sama dengan Cayenne pada waktu yang sama.

Zuckerberg memilih versi manual, yang dijual seharga 417.400 dolar AS (Rp6,5 miliar) di Australia dan dilengkapi mesin bensin flat-six 4.0 liter naturally-aspirated yang menghasilkan 375 kW/470 Nm.

Ini memungkinkan mobil melaju 0-100 km/jam dalam 3,9 detik, yang berarti Cayenne Turbo GT Minivan milik Chan memiliki peluang yang cukup baik untuk mengalahkan mobil suaminya di lampu merah.

Tidak jelas berapa lama waktu yang akan dihabiskan Zuckerberg di Porsche 911 GT3 Touring karena mobil hariannya saat ini adalah Cadillac CT5-V.

Baca juga: Porsche pantau persaingan mobil listrik China

Baca juga: Porsche kenalkan Macan generasi kedua yang ramah lingkungan

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024