Jakarta (ANTARA) - Porsche meluncurkan edisi khusus produksi terbatas di Monterey Car Week untuk merayakan ulang tahun ke-50 seri 911 Turbo.

Dilansir Carscoops pada Jumat (16/8) waktu setempat, Edisi 911 Turbo 50 Years menampilkan gaya nostalgia di bagian dalam dan luar dan akan diproduksi sebanyak 1.974 unit, sebagai penghormatan kepada tahun debut model aslinya.

Sementara versi Carrera dan GTS dari 911 telah diperbarui ke generasi 992.2, Turbo 50 Years edisi khusus tetap menggunakan platform 992.1.

Namun, fitur-fiturnya yang khas, terutama jika dipasangkan dengan paket Heritage Design opsional, menjadikannya barang koleksi yang sangat dicari oleh penggemar Porsche.

Stiker standar pada profil secara halus merujuk pada corak konsep Porsche 911 RSR Turbo tahun 1973, yang menjadi inspirasi bagi 911 Turbo (930) versi jalan raya yang menyusul pada tahun 1974.

Detail keren lainnya adalah lapisan Anthracite Grey pada sayap belakang, fasia belakang bawah, alas spion, dan intake bemper, yang menciptakan kontras mencolok dengan warna bodi utama.

Baca juga: LEGO buat edisi Porsche 911 Turbo-Targa seharga Rp2,1 juta

Baca juga: Spesifikasi Porsche 911 Turbo S, kolaborasi dengan jet Embraer

Warna Turbonite baru secara eksklusif untuk model Porsche berlogo Turbo memulai debutnya di 911 setelah muncul di Taycan, Panamera, Macan, dan Cayenne.

Pada edisi ulang tahun, warna ini menghiasi velg logam, tutup dek belakang, tutup bahan bakar, lambang Porsche, dan logo Turbo 50.

Selain itu, tulisan “1974-2024” ditampilkan di penutup mesin, disertai ikon turbo yang juga muncul di lampu kabut.

Tema interiornya terinspirasi dari gerakan Zeitgeist tahun 1970-an, yang menampilkan sisipan tartan MacKenzie yang berani pada jok dan panel pintu.

Aksen Turbonite muncul pada sabuk pengaman dan jahitan kontras, sementara RaceTex berlubang menutupi lapisan atap.

Lencana Turbo 50 menghiasi kusen pintu yang menyala, sandaran kepala, dan plakat peringatan bernomor, dilengkapi dengan versi khusus jam yang dipasang di dasbor.

Pembeli yang mencari dosis eksklusivitas dan nostalgia ekstra harus memilih Paket Desain Warisan "50 Tahun Turbo."

Paket ini menampilkan bodi Aventurine Green Metallic, dipasangkan dengan kap mesin perak cemerlang dan stiker sutra matte opsional yang mengingatkan pada mobil balap antik.

Untuk tampilan yang lebih bersih, stiker dapat dihapus sebagian atau seluruhnya.

Velg Sport Classic yang menawan, dengan sentuhan akhir warna putih dan perak, memamerkan emblem Porsche edisi 1964 di tutup tengah, sementara emblem belakang diberi sentuhan akhir warna emas yang elegan.

Terakhir, interiornya dilengkapi kulit yang lebih panjang, aksen tartan, dan pelat jam berwarna hijau.

Tenaga untuk model edisi terbatas ini berasal dari mesin boxer 3,7 liter twin-turbocharged yang sama dengan 911 Turbo S standar, yang menghasilkan 641 hp (478 kW / 650 PS) dan torsi 800 Nm (590 lb-ft).

Transmisi PDK kopling ganda delapan percepatan menghasilkan semua tenaga itu ke keempat roda.

Namun, tidak berhenti di situ. Edisi khusus ini dilengkapi dengan sistem knalpot sport yang menampilkan pipa knalpot hitam dan suspensi sport PASM, yang mengurangi ketinggian berkendara hingga 10 mm (0,4 inci) untuk tampilan yang lebih agresif.

Porsche 911 Turbo 50 Years mulai dari harga 261.100 dolar AS atau sekitar Rp4 miliar ditambah biaya pengiriman, pemrosesan, dan penanganan sebesar 1.995 dolar AS.

Harga tersebut 30.700 dolar AS lebih mahal daripada 911 Turbo S Coupe 2025 yang menjadi dasarnya dan menambahkan Heritage Design Package “50 Years Turbo” akan menaikkan harganya lebih tinggi lagi.

Pengiriman model eksklusif ini di AS dimulai pada akhir tahun 2024. Sebagai tambahan, Porsche juga menawarkan kronograf edisi terbatas dengan muka hitam dan aksen Turbonite, yang dibatasi hanya sebanyak 1.974 unit.

Baca juga: Beli pesawat jet dari Embraer bisa dapat Porsche 911 Turbo S

Baca juga: Porsche siap hadirkan dua model lagi untuk Indonesia

Baca juga: Porsche perkenalkan 911 "hybrid" akhir Mei

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024