Jakarta (ANTARA) - Porsche mengumumkan penarikan semua model Taycan di seluruh dunia setelah menemukan masalah rem pada sejumlah kecil mobil, tetapi bersikeras bahwa mobil-mobil itu masih aman dikendarai.

Menurut siaran Autocar pada Rabu (26/6), pabrikan mobil dari Jerman itu menemukan masalah berkenaan dengan selang rem depan pada sejumlah kecil mobil Taycan.

Perusahaan menyampaikan bahwa selang rem depan pada sejumlah kecil mobil Taycan mengalami keretakan yang menyebabkan kebocoran minyak rem, sehingga mengurangi tekanan rem dan efektivitas sistem.

Porsche tidak mengungkapkan jumlah persis mobil yang terdampak penarikan, tetapi perusahaan telah menjual lebih dari 150.000 mobil di seluruh dunia sejak peluncuran Taycan pada 2020.

Baca juga: Jennie Blackpink ikut mendesain Porsche Tyacan 

Mobil Porsche Taycan yang selang rem depannya bermasalah, lampu peringatan di dasbornya akan menyala.

Kalau lampu peringatan di dasbor menyala, pemilik kendaraan dianjurkan membawanya ke dealer. Jika lampunya menyala merah, maka pemilik kendaraan diminta menghubungi layanan Porsche dan tidak menggunakan kendaraan tersebut.

Mobil-mobil yang lampu peringatan pada dasbornya tidak menyala menurut perusahaan tetap aman untuk dikendarai.

"Kami melakukan beberapa analisis mutu internal dan menetapkan bahwa beberapa kerusakan bisa terjadi dalam sejumlah kasus," kata manajer proyek Porsche Taycan Kevin Giek. 

"Keselamatan adalah prioritas utama kami, jadi kami memutuskan bahwa kami perlu mengoptimalkan selang rem di gandar depan dan membuat konstruksi baru," katanya.

Baca juga: Porsche hadirkan Apple CarPlay+ di Taycan terbaru

Menurut Giek, perusahaan telah mendesain ulang selang dengan panjang baru dan titik pengereman dan kinematik baru supaya masalah serupa tidak terjadi lagi.

Dia mengatakan bahwa masalah selang rem depan diidentifikasi pada kurang dari satu persen mobil Taycan yang dijual secara global sejak peluncuran pada 2020. Masalah itu ditemukan pada mobil-mobil Taycan di sejumlah negara, termasuk di Inggris.

Menurut Giek, kebanyakan masalah terjadi saat mobil dalam keadaan diam dan pesan peringatan kuning menyala saat mobil tidak dikendarai.

Porsche bakal menyurati para pemilik untuk meminta mereka membawa mobil Taycan mereka ke dealer agar dapat diganti selang remnya.

Proses penggantian selang rem diperkirakan berlangsung sekitar dua jam dan dilakukan secara gratis, serta tidak berpengaruh pada garansi mobil.

Baca juga: Porsche tampilkan Taycan Turbo GT sebagai mobil tercepat dan terkuat
Baca juga: Penjualan global Porsche Taycan EV turun di kuartal pertama 2023

 
Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024