Jakarta (ANTARA News) - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) optimistis untuk penjualan pada tahun ini setelah berhasil menutup 2018 dengan catatan melampaui target.

"Tahun 2018 merupakan tahun yang luar biasa, di mana kita dapat melebihi target yang ditetapkan di awal. Penjualan Hino dapat terus tumbuh dan banyak membantu bisnis pengusaha di Indonesia," kata Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayanoki, lewat keterangan resmi, Senin.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO), selama periode Januari sampai Desember 2018, tercatat Hino mampu melepas sebanyak 40.072 unit ke pasar.

Hasil yang diraih pada akhir tahun itu melebihi dari target yang ditetapkan, di mana pada awal tahun 2018 target Hino adalah 40.000 unit.

Selain itu, hasil penjualan 2018 juga mencatatkan prestasi yang gemilang, lebih baik jika dibanding hasil penjualan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 30.007 unit atau naik 34 persen.
 
Kategori medium duty truck melalui Hino New Generation Ranger yang sudah menjadi market leader selama 18 tahun ini, memberikan sumbangsih penjualan sebanyak 23.901 unit atau 60 persen dari total penjualan Hino selama satu tahun. Penjualan medium duty truck itu naik 43 persen jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan 16.768 unit.

Hasil tersebut membuat New Generation Ranger kembali bertahta menjadi market leader di tahun ke-19 nya dengan menguasai pangsa pasar sebanyak 64 persen.

Segmen truk 6x4 untuk bisnis konstruksi dan pertambangan menjadi sektor yang dominan. Ini terlihat pada tipe yang paling banyak dijual selama 2018 adalah Hino New Generation Ranger FM 260 JD dengan total 7.836 unit, atau 33 persen dari porsi penjualan di segmen medium duty truck.

Baca juga: Hino Motors siap ikuti program B20

Sementara unit lainnya yang cukup bagus penjualannya adalah di sektor kargo atau logistik, Hino New Generation Ranger FL 235 JW dengan total 4.561 unit yang laku di pasaran.
 
Sedangkan untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino New Dutro berhasil mencapai penjualan sebanyak 15.969 unit atau meningkat 23 persen jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya.

Hal ini juga berdampak pada pangsa pasar Hino New Dutro yang meningkat dari 19,8 persen menjadi 20,5 persen. Hino New Dutro 130 HD, truk ringan 6 ban menjadi produk yang terbaik penjualannya selama tahun 2018 ini.

Truk kecil tangguh itu mampu terjual sebanyak 10.270 unit atau 64 persen dari total penjualan Hino New Dutro selama 2018. Sama seperti halnya Ranger, penjualan Dutro pun banyak ditopang oleh sektor kargo atau logistik serta konstruksi.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak, terutama masyarakat dan konsumen kami yang terus loyal menggunakan kendaraan Hino sebagai armada pilihan usahanya. Untuk itu kedepannya kami akan terus meningkatkan layanan agar bisnis konsumen semakin maju. Dan Hino menjadi mitra bisnis sejati bagi konsumen," kata Santiko Wardoyo selaku Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Selain truk, Hino juga mendapat hasil yang positif untuk pasar Bus di Indonesia. Selama tahun 2018, Hino bus terjual 1.387 unit dengan tipe Hino Bus R260 menjadi yang terlaris penjualannya yaitu sebanyak 1.194 unit.

Bus bermesin belakang ini memang andalan bagi para pengusaha otobus. Mesinnya yang bandel dengan tenaga yang mumpuni membuat Hino Bus memberikan keuntungan yang maksimal bagi para PO baik itu pariwisata maupun transportasi antar provinsi dan kota.

Baca juga: Hino pamer bus listrik di GIIAS
Baca juga: Hino luncurkan bus FB 130, serahkan 15 unit untuk Trans Jogja

 

Pewarta: Monalisa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019