Jakarta (ANTARA) - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengawali tahun 2023 dengan meluncurkan enam produk terbarunya yang dapat dipergunakan untuk pengangkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3).

Kendaraan komersial tersebut di antaranya adalah Hino500 Series Ultimate Safety Model yaitu FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS.

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI, mengatakan bahwa perusahaan distribusi BBM mewajibkan setiap kendaraan pengangkut harus memiliki sistem pengereman ABS untuk keamanan.

Baca juga: Kebanyakan kecelakaan truk dan bus akibat rendahnya "safety culture"

"Untuk itu, Hino Ultimate Safety hadir dengan ABS yang langsung bawaan dari pabrik, sehingga tidak perlu repot lagi untuk penambahan perangkat ABS atau modifikasi yang memakan biaya besar. Serta dengan warna kabin merah, membuat unit ini, sudah siap bekerja," kata Masato Uchida dalam keterangan resminya, Rabu.

Untuk menyesuaikan aturan yang ada dan melindungi penggunanya, Hino telah menyematkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) di setiap kendaraan yang dapat mencegah terjadinya ban terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak dan berfungsi menjaga traksi atau daya cengkram ban, sehingga kendaraan dapat tetap dikendalikan dan lebih aman.

Selain penggunaan teknologi ABS, kendaraan niaga ini juga sudah dilengkapi dengan lampu Daytime Running Light (DRL) LED untuk meningkatkan visibilitas truk agar mudah terlihat oleh pengendara lain dalam mendeteksi keberadaan truk sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Untuk sisi dalamnya, Hino akan menjamu para penggunanya dengan sajian On Road Cabin yang membuat tampilan kabin lebih modern dan desain bentuk grill yang lebar sehingga dapat meningkatkan aerodinamis yang baik.

Baca juga: Hino diperintahkan "recall" 20.900 kendaraan karena penipuan data

Hino juga tidak lupa menghadirkan sistem keselamatan bagi para pengemudi melalui Cabin Tilt Safety, untuk memastikan kabin sudah terkunci dengan baik dan benar. serta sistem pengaman Door Lock untuk mengunci atau membuka pintu secara bersamaan.

Kendaraan ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Air Conditioner (AC) serta power window sehingga pengemudi atau penumpang lebih nyaman saat kendaraan beroperasi.

Untuk meminimalkan biaya operasional terdapat strainer yang dapat menghancurkan gel dari bahan bakar nabati sehingga lifetime fuel filter lebih lama dan biaya perawatan kendaraan lebih efisien.

Sebagai informasi tambahan, menurut data GAIKINDO, Hino pada 2022 berhasil melego kendaraan mereka sebanyak 29.880 unit. Hasil penjualan tahun 2022 juga mencatatkan prestasi yang gemilang, dimana hasil ini lebih baik jika dibanding hasil penjualan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 19.793 unit atau naik 51 persen.

Baca juga: Pandawa 87 rilis armada baru berbasis Hino RM280

Baca juga: Hino akan bekukan produksi truk Ranger dan Profia selama setahun

Baca juga: Hino dikeluarkan dari kemitraan kendaraan komersial dipimpin Toyota
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023