Jakarta (ANTARA News) - Pabrikan mobil AS Ford memperkenalkan model teranyar dari sedan sport Mustang, Shellby GT500, yang dibekali performa tinggi lebih dari 700 tenaga kuda, tertinggi dari yang pernah ditawarkan model ini.

Supercar yang bakal diluncurkan musim gugur mendatang (Maret-Juni 2019) ini mampu menyuguhkan tenaga di atas 700 horses power dan dukukung dengan transmisi kopling ganda, kata Ford dalam pernyataan resminya, dikutip Rabu.

Di lintasan, kinerjanya semakin meningkat berkat sasis balap, ban Michelin khusus, dan rotor rem depan terbesar yang pernah ada pada sports coupe Amerika.

"Dengan powertrain tingkat supercar-nya, Shelby GT500 yang serba baru membawa Mustang generasi keenam ke tingkat kinerja yang hanya diperuntukkan bagi eksotik," kata Hermann Salenbauch, direktur global, program kendaraan Ford Performance.

Shelby GT500 dibekali mesin berbungkus perpaduan aluminium berkapasitas 5,2 liter turbo.

Untuk menjaga agar udara masuk lebih dingin dan menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, Ford mengubah supercharger dari tipe 2,65 liter dengan intercooler udara-ke-cair yang terselip rapi di mesin V8.

Seperti Shelby GT350, blok mesin sedan ini memadukan aluminium untuk mereduksi berat, kepala silinder aluminium, ditambah konektor yang lebih besar, meningkatkan sirkulasi pelumasan dan pendinginan.

Di bawahnya, ruang oli struktural menambah kekuatan, mengurangi getaran, dan menampilkan sistem penyekat aktif yang dipatenkan untuk menjaga oli di tempat yang dibutuhkan.

Untuk menyalurkan daya dan torsi ke driveshaft serat karbon yang unik, Ford Performance memanfaatkan pembelajaran dari penyetelan transmisi dual-clutch supercar Ford GT-nya.

Ford menyematkan transmisi kopling ganda 7-percepatan TREMEC 7, yang dapat bergeser dengan lancar dalam waktu kurang dari 100 milidetik - jauh lebih cepat daripada gearbox manual mana pun.

Transmisi kopling ganda ini dirancang untuk sejumlah mode penggerak, termasuk normal, licin, sport, drag and track, dan memiliki fitur penguncian jalur dan berkendara dengan rpm yang bisa diatur via Aplikasi Track.

Baca juga: Volkswagen dan Ford resmi beraliansi

Baca juga: Ford jual 1,1 juta F-Series pada tahun 2018

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019