New York (ANTARA News) - Ford dan Volkswagen (VW) bersiap mengumumkan kemitraan strategis atau aliansi dalam pengembangan teknologi swakemudi dan kendaraan listrik, menurut sumber anonim yang dikutip AFP, Kamis.

Sumber itu menyatakan bahwa pengumuman aliansi antara raksasa otomotif Eropa dan Amerika itu bakal disampaikan pada Selasa pekan depan, bertepatan pameran Detroit Motor Show 2019.

Panitia pameran telah menyiapkan waktu di panggung utama untuk pengumuman keduanya, kendati mereka enggan memberikan rincian lebih lanjut.

Ford dan VW telah menggelar diskusi untuk kemitraan sejak tahun lalu, namun belum menjelaskan bentuk aliansi yang akan dibentuk.

Di sisi lain, Volkswagen memang menunjukkan sikap tertarik kepada Ford dan seorang sumber kepada AFP mengatakan bahwa aliansi itu terkait swakemudi dan mobil listrik.

"Nota kesepahaman kami dengan VW mencakup diskusi tentang potensi kolaborasi di sejumlah bidang," kata juru bicara Ford Jennifer Flake.

Baca juga: Ford buka peluang produksi mobil Volkswagen di pabrik AS

"Masih terlalu dini untuk menjelaskan detail tambahan saat ini. Kami memandang ke depan untuk berbagi hal-hal baru ini," kata Jennifer.

Aliansi tersebut muncul saat produsen mobil menghadapi tantangan biaya bahan baku yang tinggi, misalnya baja dan aluminium, imbas pemberlakuan tarif dari AS.

Hadirnya perusahaan teknologi dari Silicon Valley juga membuat produsen otomotif dalam tekanan.

Selain itu, hadirnya Tesla, Uber dan Waymo membuat biaya riset perusahaan otomotif melonjak karena harus bersaing dengan perusahaan teknologi.

Ford akhirnya mengambil langkah restrukturisasi besar-besaran dengan menghentikan produksi hampir semua sedan dan mobil kompak di Amerika Utara, hingga memangkas tenaga kerja secara global.

Setali tiga uang, VW juga berjuang memperbaiki perusahaan setelah skandal emisi diesel pada 2015 yang mencoreng nama baik serta mengurangi margin keuntungan, demikian AFP.

Baca juga: 7 mobil diprediksi meredup di AS pada 2019

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019