Jakarta (ANTARA) - Ford Motor Co bersama dengan aliansinya, yakni Volkswagen AG mengatakan pada Rabu (10/06) bahwa mereka akan mentargetkan membuat hingga 8 juta unit truk pikap menengah dan van komersial sebagai bagian dari aliansi yang diumumkan pada tahun lalu.

Aliansi dibentuk pada Januari 2019, kemudian diperluas ketika pembuat mobil bergabung untuk berinvestasi dalam teknologi kendaraan listrik dan swakemudi dalam upaya untuk menghemat miliaran dolar.

Para pembuat mobil akan berkolaborasi pada city van yang dibangun oleh Volkswagen, van kargo 1-ton yang dikembangkan oleh Ford, dan pikap medium Volkswagen yang dibangun di platform Ford Ranger, mulai tahun 2022.

Ford dalam hal ini juga akan mengembangkan kendaraan listrik baru untuk pasar Eropa berdasarkan toolkit Drive Listrik Modular Volkswagen pada tahun 2023, dan mengirimkan lebih dari 600.000 unit selama beberapa tahun ke depan.

"Kolaborasi ini secara efisien akan menurunkan biaya pengembangan, memungkinkan distribusi global yang lebih luas dari kendaraan listrik dan komersial, dan meningkatkan posisi kedua perusahaan," kata CEO Grup Volkswagen, Herbert Diess yang dikutip dari Reuters, kamis.

Perusahaan-perusahaan itu juga akan mengembangkan bisnis kendaraan otonom berdasarkan pada teknologi swakemudi Argo AI.

Pekan lalu, Volkswagen telah menutup investasi sebesar 2,6 miliar dolar AS di Argo AI, usaha mobil swakemudi Ford yang sekarang dikendalikan bersama oleh aliansi itu.


Baca juga: Investasi VW di unit swakemudi Ford tuntas 1 Juni

Baca juga: Volkswagen resmi setujui proyek aliansi Ford

Baca juga: Volkswagen akan pakai teknologi "self-driving" Ford

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020