Jakarta (ANTARA) - Volkswagen mengatakan pada hari Kamis (28/5), dewan pengawasnya telah menyetujui beberapa proyek dalam aliansi bernilai miliaran dolar dengan Ford Motor, yang pertama kali diumumkan pada Juli 2019.

Dikutip dari Reuters, Jumat, pembuat mobil asal Jerman tersebut mengatakan berbagai kontrak antara kedua perusahaan hampir selesai dan akan segera ditandatangani.

Baca juga: VW rilis Golf GTI generasi delapan

Baca juga: "Drive with Purpose", jajal mobil baru sambil berbagi ala VW Indonesia


Di antara proyek bersama yang ditentukan oleh VW adalah pickup menengah yang akan dikembangkan oleh Ford; sebuah van pengiriman kota yang akan dikembangkan oleh VW; sebuah van komersial yang lebih besar untuk dikembangkan oleh Ford, dan kendaraan listrik baru untuk Ford Eropa, akan dibangun di atas arsitektur kendaraan listrik VW.

Mengenai persetujuan resmi dari perjanjian tersebut, seorang juru bicara Ford pada hari Kamis (28/5) mengatakan, "Kami berharap untuk bersama-sama memberikan pembaruan segera."

Pernyataan VW mengatakan "proyek-proyek lebih lanjut akan diikuti, seperti investasi di Argo AI," - perusahaan perangkat lunak (software) mandiri yang didukung oleh Ford dan yang pada akhirnya akan dikontrol bersama dengan VW.

Investasi VW yang direncanakan 3,1 miliar dolar AS di Argo "tetap pada jalurnya dan diperkirakan akan segera ditutup," kata Argo dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: JETTA senjata baru Volkswagen di China

Baca juga: VW jual langsung mobil listrik ID, diler hanya layani setelahnya

Baca juga: Volkswagen minta maaf soal iklan rasis

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020