Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Korea Selatan menyetujui akan ada delapan mobil baru keluaran dari pabrik lokal di Korea Selatan, dalam hal ini pemerintah sudah menguji kualitas udara dan interior mereka.

Dilansir Yonhap, Selasa, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi mengatakan kendaraan baru yang diproduksi dan dijual di negara itu ditemukan aman dari tujuh elemen berbahaya, termasuk formaldehyde dan toluene.

Mobil-mobil yang sudah memenuhi persyaratan antara lain ialah G70, Santa Fe dan Veloster dari Hyundai Motor Co. K3, K9, dan Stonic milik Kia Motors Corp. Renault Samsung QM6; dan GM Korea, Malibu.

Kementerian mengatakan tes itu bertujuan untuk melindungi pengemudi dari elemen berbahaya yang dapat dipancarkan dari bahan dan perekat yang digunakan untuk membuat kendaraan.

"Untuk membantu warga Korea Selatan mengendarai mobil baru yang menyenangkan dan aman, kami akan terus mengelola kualitas udara mereka," kata kementerian.

Mulai tahun depan, pemerintah berencana untuk melakukan tes yang lebih ketat pada mobil dan meningkatkan jumlah zat yang diuji dari tujuh menjadi delapan dengan memasukkan asetaldehida.

Baca juga: GM Korea memangkas harga kendaraan untuk menghidupkan penjualan yang lesu

Baca juga: Lampu rem bermasalah, ribuan Jeep dan Pacifica ditarik di China

Baca juga: Pengadilan Jepang memperpanjang masa tahan Ghosn
Penerjemah: Chairul Rohman
Copyright © ANTARA 2019