Jakarta (ANTARA News) - Delapan mobil baru yang dirilis di Korea Selatan oleh pabrikan lokal pada tahun ini mendapatkan persetujuan pemerintah untuk kualitas udara interior mereka, sebuah laporan menunjukkan pada Senin, seperti dilansir Yonhap.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi mengatakan kendaraan baru yang diproduksi dan dijual di negara itu ditemukan aman dari tujuh elemen berbahaya, termasuk formaldehyde dan toluene.

Mobil-mobil yang memenuhi persyaratan adalah G70, Santa Fe dan Veloster dari Hyundai Motor Co, K3, K9, dan Stonic milik Kia Motors Corp, QM6 keluaran Renault Samsung dan Malibu yang diproduksi oleh GM Korea.

Baca juga: Perusahaan Korea Selatan ikut berinvestasi baterai mobil listrik di China

Baca juga: Polisi selidiki kantor BMW di Korea Selatan terkait kebakaran mobil


Kementerian mengatakan tes tersebut bertujuan untuk melindungi pengemudi dari elemen berbahaya yang dapat dipancarkan dari bahan ataupun perekat yang digunakan pada saat memproduksi kendaraan.

Mulai tahun depan, pemerintah Korea Selatan berencana untuk melakukan tes yang lebih ketat pada mobil, dan meningkatkan jumlah zat yang diuji dari semula tujuh menjadi delapan dengan memasukkan asetaldehida.

"Untuk membantu masyarakat Korea Selatan mengendarai mobil baru dengan menyenangkan dan aman, kami akan terus mengelola kualitas udara mereka," kata kementerian itu.

Baca juga: Produsen mobil Korea Selatan diprediksi luncurkan 10 model baru pada 2019

Baca juga: Ekspor untuk kendaraan SUV Korea Selatan mengalami kenaikan

 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018